Sentul, Destinasi Wisata Seru Dekat Ibu Kota

Pohon pinus di Gunung Pancar, Sentul, Jawa Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Irfan Laskito
VIVA.co.id
Kapal Pisang VI Ditemukan, 11 Awaknya Masih Hilang
- Sentul. Kata ini mungkin dahulu lebih identik dengan sirkuit internasional dan kawasan perumahan elite di Bogor. Namun seiring waktu, kawasan dengan lanskap pegunungan itu menjelma jadi sebuah destinasi wisata.

Disindir Jokowi Soal Anggaran, Ini Kata Gubernur Aher
Berbagai wahana baru berdiri. Objek wisata alam semakin dipercantik. Restoran-restoran yang menjajakan kuliner lezat pun tumbuh subur. 

Tewaskan 10 Orang di Cianjur, Supir Truk Jadi Tersangka
Salah satu poin penting yang membuat Sentul tak kalah dibanding Puncak dan Bandung adalah lokasinya yang lebih dekat dengan Jakarta. Hanya dengan waktu tempuh sekitar 40 menit, Anda dapat menjejakkan kaki di kawasan yang terletak di sebelah timur Kota Bogor ini.

Berkunjung ke Sentul, Anda akan dibawa berpetualang. Selain destinasi yang sudah akrab di telinga masyarakat, pengunjung bisa mencicipi serunya kehidupan di pedesaan dengan alamnya yang masih asri.

Dari Jakarta, Anda dapat menggunakan rute tol Jagorawi. Jika masuk dari pintu tol Cawang, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp4.500. Arahkan kendaraan ke pintu keluar Sentul Selatan.

Keluar tol Sentul Selatan, Jawa Barat
Keluar tol Sentul Selatan Kilometer 36. Foto: VIVA.co.id/Irfan Laskito

Aneka kuliner Nusantara

Ah Poong. Ini adalah salah satu tujuan wisata kuliner yang unik di Sentul Selatan. Karena keunikannya, Ah Poong banyak dikunjungi wisatawan dari Jakarta dan sekitarnya. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai macam kuliner Nusantara hingga mancanegara.

Ah Poong, Sentul, Jawa Barat
Ah Poong, Sentul, Jawa Barat. Foto: VIVA.co.id/Irfan Laskito

Setelah keluar tol Sentul Selatan, arahkan kendaraan ke kiri. Kemudian, Anda akan bertemu dengan bundaran dan belok ke kanan. Lokasi Ah Poong berada sesudah masjid, di sebelah kanan jalan. 

Mengingat tempat parkir terbatas, terkadang Anda harus menitipkan mobil di pinggir jalan. Biaya yang dikenakan untuk parkir di pinggir jalan ini sekitar Rp5.000. 

Dari tempat parkir, Anda harus melewati jembatan menuju lokasi. Ada dua jembatan yang tersedia, yakni jembatan gantung dan jembatan biasa.

Jembatan gantung Ah Poong, Sentul, Jawa Barat
Jembatan gantung Ah Poong. Foto: VIVA.co.id/Irfan Laskito

Seperti di beberapa tempat makan, Ah Poong juga menggunakan sistem pembelian makanan dan minuman dengan kartu. Caranya, Anda bisa menukarkan sejumlah uang dengan kartu yang tersedia. 

Makanan yang bisa Anda coba di tempat ini antara lain Nasi Timbel, Cakwe, Snow Ice, Sop Konro, Soto Mie, Hainan, Nasi Bakar, Tahu Pong, Serabi, Ikan Bakar, Nasi Kebuli, Bebek Goreng, Iga Bakar, Soto Tangkar, Pecel Solo, Pempek Palembang, Sate Kambing, Mie Aceh, Sop Buntut, Soto Lamongan, dan Soto Betawi. Untuk harga makanan dan minuman berkisar Rp5 ribu sampai Rp100 ribuan.

Snow Ice, salah satu menu di Ah Poong, Sentul, Jawa Barat
Snow Ice. Foto: VIVA.co.id/Irfan Laskito

Puas mengisi perut, Anda bisa mengelilingi sebuah kolam dengan menggunakan perahu. Lokasi kolam tersebut berada di belakang Ah Poong.  

Naik perahu di Ah Poong, Sentul, Jawa Barat
Naik perahu di Ah Poong. Foto: VIVA.co.id/Irfan Laskito

Jika datang bersama anak-anak, ajak mereka ke sebuah taman yang masih berada di sekitar Ah Poong. Di taman ini terdapat beberapa patung besar dan robot seperti Transformers dari bahan bekas. Anda juga bisa foto-foto bersama keluarga di tempat ini selepas makan di Ah Poong. 



Wahana seru di ruang terbuka

Nama lokasi wisata ini cukup populer dalam beberapa tahun terakhir. JungleLand. Demikian, orang mengenal taman bermain yang berada di lokasi perumahan Sentul Nirwana tersebut.

Downtown, JungleLand, Sentul, Jawa Barat
Downtown, JungleLand, Sentul, Jawa Barat. Foto: JungleLand

Wisata taman bermain luar ruangan ini, mempunyai wahana kelas internasional dengan tiga zona, yakni Carnivalia, Tropicalia, dan Mysteria. Semua wahana tersebut menawarkan kesenangan tersendiri bagi pengunjung.

Pada Tahun Baru ini, JungleLand pun memberikan promo khusus kepada pengunjung yang berlaku hingga 3 Januari 2016. Dengan mengeluarkan biaya Rp239 ribu, Anda bisa menikmati 33 wahana permainan yang bisa dipilih sendiri.

Salah satu wahana di JungleLand
Salah satu wahana di JungleLand. Foto: JungleLand

Di sini Anda juga bisa merasakan wahana baru JungleLand Flight Academy, sebuah wahana yang mengajak pengunjung untuk menjadi pilot pesawat Airbus, Helikopter, Boeing dan lainnya di wahana simulator.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati wahan seperti Haunted House, piring raksasa Disk'O yang akan bergoyang dengan kemiringan 45 derajat, atau Air Race yang akan membawa pengunjung terbang berputar 360 derajat serasa mengendarai pesawat tempur. 

Bagi yang ingin merasakan dunia dinosaurus, JungleLand mempunyai wahana Dunia Dino. Di sini, para pengunjung bisa merasakan pengalaman seru jutaan tahun lalu dengan dinosaurus yang bisa bergerak dan bersuara.

Tidak hanya itu saja, JungleLand juga masih punya wahana lain yang dapat membuat Anda betah berlama-lama. Sebut saja Boat Blaster, Mega Drop, Fire Pots, Water Flume, North Pole, Harvest Time.

Wahana Petir di JungleLand, Sentul, Jawa Barat
Salah satu wahana di JungleLand. Foto: JungleLand

Sejuknya hutan pinus

Terletak sekitar beberapa kilometer dari lokasi taman bermain JungleLand, wisata alam Gunung Pancar wajib Anda kunjungi. Di sini Anda bisa menikmati hamparan pohon pinus dengan pemandangan yang indah. 

Taman Wisata Alam Gunung Pancar, Sentul, Jawa Barat
Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Foto: VIVA.co.id/Irfan Laskito

Banyak orang menjadikan tempat ini sebagai tempat foto pre-wedding, outbound, piknik keluarga, bersepeda, dan berbagai macam kegiatan lainnya. 

Untuk masuk ke Gunung Pancar, para wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000 per orang, Rp10 ribu untuk mobil, Rp5.000 untuk motor, Rp2.000 untuk sepeda, dan Rp50 ribu untuk bus dan truk. Sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan biaya Rp100 ribu per orang, 

Pohon pinus di Gunung Pancar, Sentul, Jawa Barat
Pohon pinus di Wisata Alam Gunung Pancar. Foto: VIVA.co.id/Irfan Laskito

Tidak hanya itu, di lokasi ini juga terdapat pemandian air panas. Lokasinya hanya berjarak sekitar 800 meter dari pintu masuk wisata Gunung Pancar.
Biaya masuk pemandian air panas ini cukup terjangkau. Hanya dengan Rp10 ribu untuk dewasa, Rp3.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk kendaraan Rp4.000 untuk mobil, dan Rp2.000 untuk motor.  

Melepas lelah di Air Terjun Leuwi Hejo

Lokasi Air Terjun Leuwi Hejo tak jauh dari perumahan Sentul Nirwana. Setelah menemukan bundaran, putar kendaraan dan belok kiri. 

Perjalanan akan memasuki sebuah pedesaan yang dimana rute menuju air terjun indah itu hanya tinggal mengikuti jalan. Selama perjalanan Anda akan melalui area kontur jalan sempit, curam dan bergelombang.

Sekitar beberapa jam menempuh perjalanan, Anda akan menemukan petunjuk Air Terjun Leuwi Hejo. Itu artinya Anda sudah sampai di lokasi air terjun tersebut.

Setelah memarkir kendaraan, Anda harus berjalan kaki dari parkiran menuju air terjun. 

Curug Leuwi Hejo, Surga Tersembunyi di Kawasan Sentul
Air Terjun Leuwi Hejo. Foto: VIVA.co.id/Muhamad Solihin  

Menurut warga setempat yang sekaligus pengelola perjalanan menuju Leuwi Hejo dari parkiran berjarak sekitar 500 meter. Menuju air terjun perjalanan Anda dihiasi dengan kontur jalanan yang curam dan licin. Pengunjung juga harus menyeberang melewati jembatan bambu yang dibuat warga setempat dengan kondisi seadanya.

Dengan segala upaya maka ditemukanlah air terjun indah ini. Air ini berwarna biru kehijauan disertai dengan bebatuan yang besar.

Curug Leuwi Hejo, Surga Tersembunyi di Kawasan Sentul
Curug Leuwi Hejo. Foto: Muhamad Solihin
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya