Studi: Konsumsi Kopi Turunkan Risiko Kematian Dini

Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Penghafal Alquran Gratis Minum Kopi di Kedai Ini
- Selama ini kopi sering dijadikan kambing hitam untuk berbagai masalah kesehatan oleh banyak orang. Padahal, kopi tak sepenuhnya buruk dan jika dikonsumsi secara tepat, yakni tanpa gula dan krim serta tidak berlebihan dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk memperpanjang usia.

Tips Dapatkan Kopi Berkualitas Sesuai Selera
Dilansir dari Times of India, studi yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard University dan Monash University mengaitkan antara konsumsi kopi dan kesehatan yang baik.

Toleransi Tubuh Terhadap Kafein yang Berasal dari Kopi
Studi yang telah dipublikasikan di jurnal Circulation pada bulan Desember 2015 ini menemukan, bahwa tiga hingga lima cangkir sehari dapat membantu mencegah kematian dini.

Para peneliti di T.H. Chan School of Public Health Harvard juga menemukan sejumlah manfaat yang diterima oleh peminum kopi, baik itu yang mengandung kafein dan yang tidak mengandung kafein. Beberapa di antaranya adalah risiko kematian karena penyakit kardiovaskular, saraf, diabetes tipe dua dan bunuh diri yang lebih rendah.

Menurut studi, mengonsumsi dua hingga tiga cangkir kopi sehari mampu menurunkan risiko kematian dini hingga 18 persen jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi. Itu karena komponen bioaktif yang ada di dalam kopi mampu mengurangi resistansi insulin dan inflamasi sistemik.

Mengonsumsi kopi secara rutin juga akan menurunkan risiko penyakit diabetes tipe dua. Semakin banyak Anda mengonsumsi kopi, semakin rendah risiko Anda mengidap penyakit tersebut, menurut para peneliti.

Kopi kaya akan antioksidan bernama asam chlorogenic yang mampu membantu mengatur metabolisme gula, mengontrol tekanan darah, penyakit jantung dan kanker. Kopi juga mampu menurunkan risiko disfungsi ereksi karena stroke dengan menurunkan risiko terjadinya penyumbatan darah.

Mengonsumsi satu hingga dua cangkir per hari dikaitkan dengan kemampuan memori yang meningkat. Sedangkan bagi orang dewasa yang usianya lebih tua, mengonsumsi tiga hingga lima cangkir kopi per hari secara signifikan mampu menurunkan risiko menderita Alzheimer's atau bentuk demensia lainnya.

Namun, perlu diingat, bahwa mengonsumsi kopi terlalu banyak juga dapat memicu menutupnya pembuluh darah yang dapat mengakibatkan stroke. Kopi juga dapat menyebabkan insomnia, sakit perut dan meningkatkan rasa cemas. Untuk itu, batasi pula konsumsi kopi sesuai kondisi tubuh Anda.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya