Fakta Tak Terungkap Bangunan Tertinggi Dunia

Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia
Sumber :
  • situsnyafana.blogspot.com

VIVA.co.id - Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia. Gedung mewah pencakar langit yang ada di Dubai ini, selalu mampu membuat terpana orang yang melihatnya. Gedung ini memiliki ketinggian 828 meter.

20 Gedung Tertinggi di Dunia

Film-film Hollywood juga menggunakan gedung ini sebagai lokasi syuting, salah satunya adalah film Fast and Furious 7.

Bangunan yang dirancang oleh Adrian Smith ini, ternyata memiliki beberapa cerita yang tidak banyak diketahui masyarakat awam, berikut di antaranya seperti dilansir Visit Dubai:

Saking Tingginya, Tempat Ini Punya Tiga Waktu Buka Puasa

Batu pijakan

Setidaknya ada 45 tipe batu berbeda yang digunakan dalam konstruksi bangunan yang memiliki 57 lift ini.

Rumah Dekat Asrama Brimob di Slipi Dilahap Si Jago Merah, 17 Mobil Pemadam Dikerahkan

Dubai Fountain

Air mancur ini menampilkan 13 pertunjukan lagu spektakuler setiap hari, dengan melodi-melodi yang paling diingat sepanjang waktu. 

Terhubung ke pusat kota

Rancangan gedung pencakar langit ini terhubung dengan pusat kota Dubai, menciptakan hubungan nyata antara menara Burj Khalifa dengan komunitas.

Dingin di puncaknya

Selama musim panas, atau bahkan musim dingin, suhu di puncak Burj Khalifa adalah enam kali lebih dingin dibandingkan bagian dasar.

Petunjuk khusus

Burj Khalifa lebih memilih memberikan pengalaman intuitif dalam memberi petunjuk arah. Taman dipilih sebagai penanda kapan orang harus berhenti, berjalan, atau berkumpul.

Dua kali melihat matahari

Begitu tingginya menara ini, membuat setiap orang yang berada di dalamnya bisa melihat matahari terbenam dua kali di hari yang sama. Pertama dari lantai yang bawah kemudian di puncak Burj Khalifa.

Musik latar di dalam lift

Terdapat musik yang sengaja dikembangkan khusus untuk Burj Khalida. Ritme dan ketukannya dibuat semakin keras saat lift mengarah pada lantai yang dituju. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya