Teknik Menyeduh Kopi Vietnam Drip

Kopi Vietnam Drip
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA.co.id - Kopi telah menjadi salah satu minuman favorit di dunia. Banyak cara untuk menikmati kopi. Hampir setiap negara bahkan memiliki cara masing-masing untuk menikmati kopi. Begitu pula dengan kopi khas satu negara yang berbeda dengan kopi dari negara lain.

Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Kopi

Kali ini, VIVA.co.id akan membahas kopi khas Vietnam yang dalam bahasa lokal disebut Ca Phe. Kopi tersebut dianggap banyak orang sebagai salah satu kopi eksotik yang nikmat.

Nah, orang Vietnam biasa membuat Ca Phe dengan menyeduhnya menggunakan alat khusus yang dinamakan Vietnam drip.
Wajib Tahu, Tujuh Aturan Menikmati Kopi

Alat tersebut terdiri dari penyaring kopi berbentuk tabung mungil seukuran gelas kecil berwarna perak.
Waktu Terbaik Minum Kopi Bukan Setelah Bangun Tidur

Dilansir dari How To Brew Coffee, cara memakai alat itu adalah dengan meletakkannya di atas gelas kecil, lalu masukkan sekitar dua hingga dua setengah sendok makan bubuk kopi ke dalam alat saringan dan masukkan lempengan perak yang berlubang-lubang dan tekan bubuk kopi agar memadat di dasar saringan. 

Langkah selanjutnya adalah proses preinfuse kopi dengan menuangkan sekitar 20 mililiter air panas ke dalam saringan dan diamkan sebentar, kira-kira selama 20 detik, baru kemudian tambahkan 100 mililiter air panas. Untuk memertahankan suhu panasnya, pasang tutup di bagian atas alat penyaring.

Inilah saat proses menyeduh kopi dimulai. Secara perlahan kopi akan menetes sedikit demi sedikit ke dalam gelas.

Di kedai kopi, kafe maupun restoran di Jakarta, menyeduh kopi dengan alat ini tidak selalu harus menggunakan kopi dari Vietnam. Seringkali, cara menyeduhnya yang ditawarkan. Kopinya sendiri bisa menggunakan kopi apapun. 

Masyarakat Vietnam biasa menikmati kopi yang diseduh dengan Vietnamese drip bersama dengan tambahan sedikit susu kental manis vanila. Sebelum kopi diseduh di atas gelas, mereka akan menuangkan susu terlebih dahulu ke dalam gelas dan mengaduknya setelah seluruh kopi menetes.

Dengan menyeduh kopi menggunakan alat Vietnam drip, kopi akan terasa sangat kuat dan kaya rasa karena diseduh langsung di gelas.

Kini, Vietnam drip telah menjadi salah satu peranti penyeduh kopi manual yang selalu tersedia di berbagai kedai kopi dan kafe di Jakarta. Selain Vietnam drip, peranti penyeduh kopi manual lain yang juga populer antara lain, French press, moka pot, syphon, pour over dan masih banyak lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya