Diciptakan Tepung dari Biji Kopi untuk Memasak

Kopi.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Anak Muda, Coba Serunya Warung Kekinian Kopdar
- Bagi Anda yang tak gemar kopi, namun membutuhkan kafein untuk tetap segar di pagi hari, ada kabar baik untuk Anda Kini ada cara baru untuk mendapatkan asupan kafein tanpa harus menyesap kopi, yang bagi sebagian orang memiliki cita rasa pahit yang kurang lezat.

Di Restoran Ini, Anak-anak Bisa Kreasikan Makanannya Sendiri
Profesor Daniel Perlman dari Brandeis University di Waltham, Massachusetts telah menciptakan tepung dari biji kopi. 

Festival Kuliner Prancis Digelar Serentak di Dunia
"Tepung ini mengandung 2,5 persen kafein dari total keseluruhan beratnya. Jadi jika Anda ingin menggunakan empat gram tepung untuk membuat makanan, misalnya muffin untuk sarapan, mengonsumsi itu sama dengan mengonsumsi satu cangkir kopi," ujar Perlman dilansir dari Food Beast.

Menariknya, tepung kopi buatannya terbuat dari bahan alami. Jika kebanyakan produk makanan yang telah di-infused kafein terbuat dari kafein sintetis, tepung terigu satu ini dibuat langsung dari biji kopi yang masih mentah dan belum dipanggang (roasting) sehingga warnanya masih kehijauan.

"Itu karena biji kopi mengandung nutrisi dan memberikan asupan antioksidan dan kafein alami," ujar Perlman.

Setelah memanggang biji kopi hanya dalam waktu beberapa menit dengan suhu yang rendah, biji kopi dihaluskan menjadi bubuk halus dan digunakan sebagai tepung. 

Perlman juga mengatakan, tepung kopi ciptaannya dapat digunakan untuk memasak berbagai hidangan, mulai dari kue, pastry hingga roti. 

Tepung yang terbuat dari biji kopi segar itu juga diklaim mengandung lebih banyak asam klorogenik, antioksidan yang memodulasi kecepatan tubuh mencerna glukosa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya