Isu Rasis, Seleb Hollywood Serukan Boikot Oscar 2016

Will Smith dan Jada Pinkett Smith
Sumber :
  • REUTERS/Danny Moloshok

VIVA.co.id - Hashtag Oscar so white (#Oscarsowhite) mendadak menarik banyak perhatian pengguna media sosial, sejak daftar nominasi Oscar resmi diumumkan Kamis 14 Januari 2016.

Begini Cara Pembawa Acara Oscar Hadapi Isu Rasialisme

Nominasi Oscar tahun ini diwarnai isu rasis. Hal tersebut berdasarkan nominasi Academy Awards yang didominasi artis kulit putih. Dari sinilah seruan untuk memboikot Oscar mulai ramai dibicarakan selebriti kulit berwarna. 

Salah satunya adalah Jada Pinkett. Istri Will Smith ini menyerukan untuk memboikot Oscar, demikian seperti dilansir dari The Guardian, Selasa 19 Januari 2016.  

Siapa yang Berjaya di Piala Oscar 2016?

Lewat akun Twitternya, artis yang berperan dalam film The Matrix Reloaded ini mengungkapkan kekecewaannya terhadap nominasi Academy Awards.

"Di Oscar...orang kulit berwarna selalu menyambut untuk memberikan penghargaan..bahkan selebriti,"

Nominasi Oscar 2016 Diwarnai Kontroversi

"Namun kami jarang diakui untuk prestasi seni kami. Haruskah orang kulit berwarna bersama-sama berhenti berpartisipasi? Orang bisa memperlakukan kami dengan cara yang kami izinkan. Dengan segala hormat di tengah kekecewaan mendalam," tulis ibu dari Jaden Smith tersebut.

Selain Jada, juga ada Spike Lee yang turut menyerukan boikot Oscar. Lewat akun Instagram miliknya, Spike Lee menulis "tidak bisa mendukung penghargaan'lili putih'," ungkapnya.

Penggunaan hashtag Oscar so white sebenarnya telah dibuat sejak tahun lalu, dan kini kembali menyeruak sejak diumumkannya nominasi Academy Awards 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya