Serangan Virus Zika, Wanita Diminta Tunda Kehamilan

Sumber :
  • REUTERS/Oxitec Ltd./Handout

VIVA.co.id - Para pejabat di empat negara Amerika Latin dan Karibia was-was dengan serangan virus zika.

Dilansir BBC, akibat serangan virus ini, pejabat di empat negara Amerika Latin dan Karibia telah mengeluarkan peringatan, agar wanita untuk sementara waktu menunda kehamilan. Ini untuk mencegah serangan virus zika yang bisa menimbulkan penyakit dan menyebabkan bayi mengalami cacat lahir yang parah.

Kolombia, Ekuador, El Salvador, dan Jamaika menganjurkan para penduduknya, terutama kaum hawa untuk menunda kehamilan sampai nyamuk penyebab virus zika berhasil diberantas.

Ikut Mewabah di Brasil

Tak hanya Kolombia, Ekuador, El Salvador, dan Jamaika yang merasa khawatir dengan serangan virus zika. Brasil juga mengungkapkan bahwa jumlah bayi yang lahir dengan dugaan microcephaly atau kepala abnormal berukuran kecil, kini telah mencapai hampir 4.000 sejak Oktober tahun lalu.

Wanita hamil pun untuk sementara waktu diperingatkan oleh otoritas kesehatan AS untuk menghindari bepergian ke lebih dari 20 negara di benua Amerika dan di luar Amerika, di mana kasus virus zika tengah mewabah.

Meski hubungan antara microcephaly dan zika belum dikonfirmasi, sejumlah kecil bayi yang meninggal memiliki virus di otak mereka dan tidak ada penjelasan lain untuk lonjakan microcephaly.

Virus ini pun diyakini tidak menular dan biasanya memiliki gejala seperti flu. Meski begitu, tetap harus diwaspadai.

Di Kolombia, Menteri Kesehatan Alejandro Gaviria juga mendesak para wanita untuk menunda kehamilan hingga delapan bulan.

"Kami melakukan ini karena percaya itu adalah cara yang baik untuk mencegah risiko, untuk memberitahu orang-orang bahwa mungkin ada konsekuensi serius," katanya seperti dikutip Reuters.

Peringatan serupa juga dikeluarkan di Ekuador, El Salvador, dan Jamaika.

Namun, juru kampanye hak-hak perempuan mengkritik rekomendasi ini. Mereka mengatakan, wanita di wilayah tersebut sering tidak punya banyak pilihan untuk hamil.

"Ini sangat naif bagi pemerintah untuk meminta wanita untuk menunda hamil dalam konteks seperti Kolombia, di mana lebih dari 50 persen dari kehamilan yang tidak direncanakan dan di seluruh wilayah di mana kekerasan seksual adalah lazim," kata Monica Roa, anggota Kelompok Link Perempuan di seluruh dunia.

Lalu, apa itu virus zika?

Bayi yang terserang virus zika biasanya lahir dengan ukuran kepala abnormal, lebih kecil. Dan bayi yang lahir dengan kondisi ini, biasanya menghadapi kesulitan seumur hidup

Virus zika disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti, yang juga membawa demam berdarah dan demam kuning.

Ini pertama kali ditemukan di Afrika pada 1940-an, tetapi sekarang menyebar di Amerika Latin. Para ilmuwan mengatakan, ada bukti yang berkembang dari penyebab microcephaly, yang mengarah ke bayi yang lahir dengan kepala kecil.

Sementara itu, virus zika dapat menyebabkan demam dan ruam, kebanyakan orang tidak menunjukkan gejala, dan tidak ada obatnya.

Satu-satunya cara untuk melawan zika adalah dengan rajin membersihkan genangan air tempat nyamuk berkembang biak, dan melindungi diri dari gigitan nyamuk

Kementerian Kesehatan di Brasil pun mengatakan, 49 bayi yang diduga menderita microcephaly telah meninggal. Dalam lima kasus infeksi, virus zika ditemukan.

Brasil mengalami wabah ini dan dianggap sebagai wabah terbesar virus zika, dengan sebagian besar kasus terjadi di utara-timur. Lainnya telah terdeteksi di selatan-timur, daerah yang meliputi Rio de Janeiro dan Sao Paulo.

Telah ada peningkatan tajam dalam jumlah kasus zika di beberapa negara Amerika Latin lainnya.

Di Kolombia, lebih dari 13.500 kasus telah dilaporkan. Centers for Disease Control and Prevention mengeluarkan peringatan perjalanan awal untuk ibu hamil pekan lalu, menambahkan delapan tempat lebih ke dalam daftar rawan virus zika pada Jumat.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Peringatan sekarang meluas ke Amerika Tengah dan Selatan: Bolivia, Ekuador, Guyana, Brasil, Kolombia, El Salvador, Guyana Prancis, Guatemala, Honduras, Meksiko, Panama, Paraguay, Suriname, Venezuela. Karibia: Barbados, Saint Martin, Haiti, Martinique, Puerto Rico, Guadeloupe. Oceania: Samoa. Afrika: Cape Verde.

Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016