Jelang Imlek, Batik Motif Monyet Api Jadi Tren

Batik Motof Monyet Api
Sumber :
  • VIVA.co.id/ D.A Pitaloka/ Malang

VIVA.co.id - Batik motif Naga, Monyet dan Dewi Kwan Im banyak diminati pembeli menjelang imlek di Malang. Batik kreasi perajin Batik Celaket itu tak hanya dilukis di atas kain berwarna merah, tetapi juga di warna lain seperti kuning, hijau atau biru sesuai permintaan pemesan.

Peringatan Imlek Terbesar di Indonesia Digelar

Pesanan terus mengalir sejak beberapa pekan terakhir hingga dua hari menjelang Imlek. “Setiap imlek kami selalu mengeluarkan batik tulis motif Imlek. Kali ini ada Dewi Kwan Im dan Naga," kata Hanan Djalil, pengelola Batik Celaket, Rabu, 3 Februari 2016.

Gambar Dewi Kwan Im dan naga berwarna kuning banyak digunakan untuk kemeja, gaun dan aneka baju lain. Baju dengan motif batik Imlek dibanderol dengan harga sekitar Rp 250 ribu. “Ini semua batik tulis, yang melukis ya pekerja di sini,” katanya.

Dewi Kwan Im dipilih karena Dewi tersebut dipandang sebagai Dewi Kesuburuan dan berkah, Monyet menandakan Monyet Api dan Naga adalah mahluk suci dalam etnis Tionghoa.

Batik Celaket memberdayakan sekitar 50 warga di sekitar Jalan Jaksa Agung Suprapto Gg 2 Kelurahan Rampak Celaket Kecamatan Klojen Kota Malang. Pekerja mengerjakan batik di bengkel Batik Celaket ataupun dibawa pulang ke kediaman masing-masing. Mereka tak kesulitan untuk melukis Dewi Kwan Im atau ular naga di atas kain. “Kami kan perajin, jadi mau menggambar apa saja pasti bisa,” tuturnya.

Selain diminati warga Malang, batik itu juga dikirim ke luar Malang seperti Surabaya, Bandung, Medan, dan Jakarta. Permintaan batik motif Imlek itu sudah masuk sejak bulan lalu dan diperkirakan akan mencapai puncaknya di minggu ini.  Pembeli sering memesan kain mentah ataupun datang ke tokonya dan membeli baju batik. “ Permintaan akan berhenti setelah Imlek terlewati."

Penjualan Ritel di China Naik 11,2% Selama Musim Libur Imlek

(mus)

Ilustrasi festival Cap Go Meh

Ribuan Warga Rayakan Cap Go Meh di Glodok

Cap Go Meh melambangkan hari ke-15 dari perayaan Tahun Baru Imlek.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2016