Konsumsi Makanan Ini untuk Gigi Kuat dan Sehat

Ilustrasi sayuran
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade
- Menyikat gigi secara rutin memang menjadi cara terbaik untuk menjaga gigi tetap sehat. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memiliki gigi sehat.

Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak
Ya, mengonsumsi makanan tertentu akan membantu mencegah karang gigi dan pembusukan gigi.

Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Aman Bagi Tubuh
Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan gigi, seperti dilansir dari Times of India.

Sayuran hijau

Makanan sayuran hijau yang mengandung banyak mineral, seperti brokoli, bok choy, kale, okra atau collard green. Sayuran-sayuran tadi akan memberikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan gigi untuk tetap sehat.

Daging

Daging dan ikan adalah bahan makanan yang mengandung fosfor, mineral penting yang akan melindungi enamel gigi.

Keju dan yogurt

Dua jenis makanan ini akan melindungi enamel gigi dan bahkan membantu menggantikan mineral pada gigi. Anda bisa memilih keju rendah lemak dan yogurt tanpa lemak. Keju juga mengandung kasein, protein yang ditemukan di produk olahan susu yang akan menguatkan enamel gigi.

Susu dan telur

Susu dan telur merupakan sumber kalsium dan vitamin yang sangat baik. Produk makanan seperti susu dan kuning telur juga mampu menguatkan gigi.

Sayur dan buah yang keras

Seperti bagian tubuh lainnya, gigi juga membutuhkan sedikit kerja keras setiap harinya agar tetap kuat. Sayur dan buah yang teksturnya keras dan renyah, seperti wortel, apel, dan seledri mengandung banyak air. Sayur dan buah tersebut juga harus dikunyah dengan baik, sehingga bagus untuk kesehatan oral.

Apalagi, buah dan sayur yang keras juga menstimulasi aliran air lir dan membersihkan permukaan gigi. Hal tersebut membuat gigi menjadi lebih putih.

Air liur juga mengandung banyak enzim yang membersihkan asam pada makanan yang menempel di gigi, serta membersihkan sisa makanan di sudut-sudut mulut Anda.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya