Ladang Pertanian Ini akan Dioperasikan Penuh oleh Robot

Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Takut Kanker Prostat? Perbanyak Makan Sayur
- Jepang tampaknya benar-benar terdepan dalam hal perkembangan dunia robot. Itu dibuktikan dengan sejumlah inovasi robot yang dihadirkan.

Enam Cara Tepat Cuci Buah dan Sayur
Kabar terbaru, perusahaan produksi sayuran selada asal Jepang bernama Spread akan mengurus sebuah lahan pertanian menggunakan robot.

Cara Menyimpan Sayur dan Buah Agar Tidak Busuk
Dilansir dari Food Beast, pengolahan lahan pertanian itu akan dioperasikan sepenuhnya oleh robot yang mampu memanen selada. Sekitar 30.000 kepala selada akan siap untuk dikirim setiap hari. Jumlah tersebut sama dengan hampir 11 juta kepala selada air setiap tahun.

Robot tersebut terdiri dari mesin yang dilengkapi dengan conveyor belts dengan 'tangan-tangan' canggih yang mampu bergerak dan memanen selada dengan cepat.

Ladang pertanian robotik bernama Kameoka Plant itu rencananya akan dibuka pada tahun 2017 mendatang. Diharapkan ladang pertanian tersebut akan meningkatkan produktivitas.

Ladang pertanian robotik ini juga akan mengurangi tenaga kerja manusia hingga 50 persen, memotong konsumsi energi sebanyak 30 persen dan 98 persen menggunakan air daur ulang untuk tanaman.

Tentu saja, hal itu berpotensi menurunkan harga selada bagi para konsumen di Jepang. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya