Ini Alasan Anak Harus Belajar 2-3 Bahasa

Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar
- Peran keterampilan bahasa dalam perkembangan anak tidak dapat diremehkan. Sebuah studi baru mengatakan bahwa anak-anak yang belajar lebih dari dua bahasa cenderung mencapai keterampilan pemecahan masalah lebih cepat daripada anak-anak yang hanya bisa satu bahasa.

Mendikbud: Jadikan Sekolah Rumah Kedua Siswa, Bukan Mal
Dilansir laman Boldsky, para peneliti menyimpulkan bahwa belajar lebih banyak bahasa dapat membantu anak-anak dalam banyak hal seperti menguasai dua bahasa melibatkan keterampilan mental dan kognitif tertentu.

Mendikbud: Full Day School Demi Nawa Cita
Ketika anak tumbuh dewasa, mereka akan menjadi ahli dalam berbagai bahasa, hal ini menjadi mudah ketika mereka berbicara. Otak menyimpan informasi dan kosa kata dari berbagai bahasa dan juga mengambil informasi lebih cepat dan keterampilan ini berguna ketika memecahkan masalah.

Ketika peneliti mempelajari kinerja dua kelompok anak-anak, satu kelompok adalah monolingual (hanya mengetahui satu bahasa) sedangkan lainnya adalah bilingual (2-3 bahasa), hasil membuktikan bahwa anak-anak bilingual dapat lebih cepat dan lebih efisien dalam beberapa tes atau tugas. 

Bahkan, ini alasan mengapa banyak sekolah yang mengajarkan lebih dari dua bahasa untuk anak-anak. Selama fase pertumbuhan, otak cenderung menerima. Dalam beberapa tugas atau aktivitas, otak mereka cenderung lebih aktif. Jadi, anak-anak harus diberi lebih banyak kesempatan untuk belajar.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya