Taman Jakarta Ini Bikin Warga Serasa Berada di Tengah Hutan

Taman baru Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id / Fajar GM

VIVA.co.id – Jumlah luas Ruang Terbuka Hijau (RTH) di wilayah DKI Jakarta saat ini baru mencapai 9,98 persen, dari jumlah luas ideal sebesar 30 persen dari total luas wilayah DKI Jakarta.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Ratna Diah Kurniati mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI masih perlu banyak melakukan pembebasan lahan untuk menciptakan RTH dengan jumlah luas ideal, sesuai Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang.

"Kami mengusahakan pembebasan lahan hingga 50 hektare per tahun, sesuai RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah)," ujar Ratna di Taman Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa, 9 Februari 2016.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

Ratna menyampaikan laporan kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Ahok, sapaan akrab Basuki, hendak meresmikan taman yang terletak di Kelurahan Tanjung Barat.

Selain Taman Jagakarsa, ada sembilan taman lain yang peresmiannya dilakukan sekaligus, yaitu Taman Cakung, Taman Kelapa, Taman Zodiak, Taman Kalibaru, Taman PPA, Taman Maja, Taman Tanjung 2, Taman Lebak Bulus 3, dan Taman Sunter. Ahok juga sekaligus meresmikan penataan Plaza Reformasi yang terletak TPU Pondok Ranggon.

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

Lebih lanjut, Ratna menjelaskan, Dinas Pertamanan melakukan strategi pengadaan dengan membeli lahan sendiri, maupun memanfaatkan kewajiban Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan swasta seperti saat membangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Taman Jagakarsa sendiri dibangun dengan anggaran Dinas Pertamanan sejak tahun 2013. Taman memiliki luas 5.981 meter persegi dengan fasilitas antara lain shelter, lapangan olah raga multi fungsi, outdoor fitness, dan tension membrane.

Taman didesain dengan konsep waterfront garden, memanfaatkan kontur lahan yang menurun dan berbatasan langsung dengan Sungai Ciliwung.

"Kami rancang taman ini untuk menimbulkan sensasi pengunjung berada di tengah hutan di antara lingkungan urban yang sesak," ujar Ratna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya