Enam Bahan Alami Pengganti Sampo

Ilustrasi keramas atau mandi
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Kenali Regenerasi Alami Rambut
- Apakah Anda menderita masalah rambut? Jika ya, saatnya untuk mengganti sampo dan kondisioner yang Anda gunakan.

Tips Mengajarkan Anak Merawat Rambut

Para ahli kecantikan menyatakan bahwa 90 persen pria dan wanita menderita rambut rontok dan ketombe, yang diakibatkan penggunaan sampo yang salah. Bahkan, mencuci rambut setiap hari hanya akan menyebabkan masalah rambut menjadi lebih buruk.
Cara Cegah Ketombe Bagi yang Berhijab


Sebenarnya, Anda bisa menggunakan bahan alami sebagai pengganti sampo untuk membersihkan rambut Anda, seperti dilansir dari Boldsky
.


Peppermint

Sediakan mangkuk dan isi dengan satu cangkir air. Kemudian, rebus air dengan suhu sedang dan tambahkan segenggam daun peppermint. Biarkan daun berendam dalam air panas selama 10 menit, lalu saring.


Gunakan cairan ini untuk membersihkan rambut Anda disertai dengan pijatan lembut pada kulit kepala. Cairan daun peppermint akan membantu menghilangkan residu dan kotoran di kulit kepala.

 

Soda


Cuci rambut Anda dengan soda segar sekali dalam sepekan untuk menyingkirkan ketombe. Cuci kulit kepala dengan soda segar dan biarkan hingga kering selama enam menit, lalu bilas dengan air bersih yang mengalir.


Rosemary


Rosemary adalah ramuan yang sempurna untuk rambut, karena memiliki aroma yang menyenangkan dan dapat membuat rambut Anda wangi. Hancurkan daun rosemary dan tambahkan air. Biarkan terendam dalam air selama delapan menit dan bilas rambut Anda dengan air.


Cuka


Cuka membantu menyingkirkan semua masalah rambut. Ini adalah solusi untuk kulit kepala berminyak, berketombe dan berkutu. Yang perlu Anda lakukan adalah memijat kulit kepala dengan beberapa tetes cuka hitam murni. Setelah tujuh menit, bilas rambut dengan air dingin dan tidak menggunakan sampo.


Sementara untuk membuat rambut bersinar sempurna, Anda bisa mencuci rambut dengan cuka sari apel.


Yoghurt dan baking soda

Campur tiga sendok makan yoghurt dingin dengan satu sendok makan baking soda, lalu aduk hingga membentuk campuran kental. Selanjutnya, terapkan campuran tersebut ke rambut seperti masker rambut. Setelah 15 menit, bilas rambut dengan air bersih yang mengalir dan tidak menggunakan sampo.


Baking soda akan mengangkat kotoran dan yogurt akan membuat rambut Anda bersinar alami.


Minyak lemon dan kuning telur


Minyak lemon akan membantu menyingkirkan keringat dan bau pada kulit kepala.


Campur empat tetes minyak lemon dengan dua kuning telur, aduk dan gosokkan ke kulit kepala. Setelah 10 menit, bilas rambut Anda dengan air hangat dan tidak menggunakan sampo. Dalam waktu seminggu, rambut Anda akan bersinar secara alami dan akan terasa lebih lembut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya