Tips Cermat Pilih Jajanan Sehat untuk Si Kecil

Ilustrasi Anak
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Manfaat Sehat Air Kelapa untuk Balita
- Semakin beragamnya jajanan yang ditawarkan untuk si buah hati, tentu membuat orangtua harus lebih selektif dalam memilih, terlebih saat ini banyak jajanan yang bisa dibeli secara
online
Tips Memilih Pendingin Ruangan yang Ramah untuk Anak
.

Apakah Buah Hati Anda Cukup Kalsium?
Banyak cara untuk mengetahui makanan yang baik untuk dikonsumsi anak. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPOMN) Anny Sulistiowati.

"Lihat warnanya, merata atau tidak, kalau dari pewarna tekstil warnanya tidak merata dan ada bintik-bintik halus, rasa manis tapi after taste-nya pahit berarti ada pemanis buatan, dari kemasan bersih atau tidak, perhatikan kadar garam, gula, lemak," ujar Anny saat ditemui VIVA.co.id di acara open house BPOM di Jakarta, Selasa, 9 Februari 2016.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa orangtua perlu memerhatikan kadar Gula, Garam, Lemak (GGL) yang terdapat di dalam makanan anak sehari-hari. Jumlah GGL maksimal per hari untuk anak-anak yaitu empat sendok makan gula, satu sendok teh garam, dan lima sendok makan lemak.

"Memperhatikan kadar garam, gula dan lemak ini penting, karena banyaknya kasus obesitas pada anak terjadi karena orangtua tidak mengerti tentang kadar ini pada makanan anaknya," kata dia.

Selain itu Anda juga perlu memerhatikan alat makan yang akan digunakan oleh anak untuk menyantap jajanan.

"Jika menemui sendok makan plastik yang ada bintik hitamnya, itu biasanya sendok hasil daur ulang, takutnya ada migrasi bahan berbahaya. Sendok yang baik adalah yang bening bersih, itu aman," ujar Anny.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya