Enam Tanda Gangguan Jantung yang Sering Disepelekan

Ilustrasi serangan jantung
Sumber :
  • heartattacktreatmenttips.com
VIVA.co.id
Empat Pertanda Masalah Jantung yang Tak Biasa
- Penyakit jantung seringkali menimpa seseorang tanpa adanya tanda-tanda. Sehingga tidak jarang, banyak penderita, juga keluarga yang merasa tidak siap saat mengetahuinya.

Widodo Beri Motivasi Pemain Arema FC Usai Takluk Dari Persebaya
Padahal, banyak tanda-tanda yang tidak terlihat seperti tanda penyakit jantung, yang ternyata menjadi gejala awal penyakit jantung.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina
Untuk mengetahui apa saja tanda-tandanya, simak daftarnya seperti diungkapkan Dr. John Erwin dari Texas A&M Health Science Center, dilansir Daily Mail.

Disfungsi seksual

Kebanyakan orang menduga disfungsi seksual hanya masalah organ reproduksi atau otak. 

Erwin mengatakan, meski menopause pada wanita tidak menyebabkan gangguan kardiovaskular, namun risiko tertentu pada kesehatan jantung, seperti tekanan darah dan tingkat kolesterol dimulai saat memasuki masa menopause.

Mendengkur

Gejala umum sleep apnea adalah mendengkur. Erwin mengatakan gangguan tidur dikaitkan dengan banyak perubahan fisiologis yang meningkatkan risiko baik serangan jantung, maupun stroke.

Mendengkur juga bisa menjadi tanda dari fibrilasi atrium yang tidak teratur, yang mampu mempercepat denyut jantung dan menyebabkan aliran darah rendah. Untuk itu perlu dilakukan deteksi dan perawatan sleep apnea untuk menurunkan risiko masalah jantung.

Gusi berdarah, bengkak, sakit

Gusi yang tidak sehat merupakan gejala periodontis, yaitu infeksi serius pada gusi yang bisa merusak gusi, dan menghancurkan tulang rahang. 

Periodontis bisa memicu peradangan di seluruh tubuh, dan aktivitas berlebih dari peradangan berisiko kuat berkembang menjadi penyakit jantung atheroscletoric dan serangan jantung.

Nyeri pada pundak atau leher

Tidak semua orang merasakan sesak pada dada saat mengalami serangan jantung. Banyak penderita serangan jantung yang merasakan sensasi tidak nyaman, nyeri, luka atau tekanan di bagian leher, pundak atau rahang.

Rasa tidak nyaman tersebut hanyalah tanda dari serangan jantung atau sakit jantung.

Bengkak pada kaki

Meski banyak penyebab bengkak pada kaki, namun patut diwaspadai bila bengkak pada kaki terus terjadi atau bahkan memburuk.

Masalah pencernaan dan mulas

Merasa sensasi terbakar atau sakit di bagian atas perut bisa jadi tanda dari sakit jantung atau serangan jantung.

Ditambah lagi dengan sakit pada gastrointestinal, seperti cegukan keras, juga bisa menjadi pertanda awal.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya