Lima Cara Mudah Obati Kulit Gatal

Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Rasa gatal yang timbul pada kulit pasti pernah dialami banyak orang. Baik yang disebabkan karena alergi atau gigitan serangga. 

Yadea Hadirkan Motor Listrik Sport Fairing
Tidak seperti rasa gatal akibat gigitan serangga yang bisa cepat hilang, rasa gatal yang timbul karena alergi tidak bisa hilang dengan mudah.
 
Shayne Pattynama Beri Kabar Baik untuk Timnas Indonesia
Untuk antisipasi, ada baiknya Anda mengetahui cara mengatasi rasa gatal akibat alergi dengan memanfaatkan produk yang ada di dalam rumah, seperti dilansir Boldsky berikut ini.
 
Terkuak! Kedermawanan Babe Cabita Diam-diam Beli Baju untuk Anak Panti Asuhan
Cuka apel
 
Cuka apel membantu mengurangi rasa gatal dan menyembuhkan ruam. Asam asetat yang terkandung di dalam cuka membantu mencegah infeksi. 
 
Yang perlu dilakukan adalah mengoleskan cuka apel di bagian yang terinfeksi alergi dengan menggunakan kapas kecil. Setelah kering, bilas dengan air dingin.
 
Lidah Buaya
 
Daging buah lidah buaya akan menyembuhkan peradangan dan juga membantu melembutkan kulit serta meredakan iritasi dan pembengkakan. Cukup oleskan pada kulit Anda secara merata.
 
Minyak zaitun
 
Minyak zaitun mengandung antioksidan dan vitamin E yang berfungsi sebagai pelembab yangjuga mampu membantu peremajaan kulit. Oleskan sedikit minyak zaitun di bagian kulit yang meradang, dan pijat dengan lembut.
 
Untuk menyembuhkan ruam bisa tambahkan madu pada minyak zaitun dan oleskan di daerah yang terinfeksi.
 
Oatmeal
 
Yang satu ini ampuh menyembuhkan peradangan dan iritasi pada kulit. Caranya, campur oatmeal dengan air putih, kemudian aplikasikan di daerah yang terinfeksi. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.
 
Petroleum Jelly
 
Oleskan sedikit petroleum jelly di bagian yang terasa gatal. Selain membantu mengurangi rasa gatal, ini juga akan mengurangi iritasi, sekaligus memberi rasa sejuk pada kulit. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya