TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Siapkan Diri untuk Berlayar dengan Kapal Titanic II

Kapal ini didesain mirip dengan yang pernah karam pada 1912 silam.
Siapkan Diri untuk Berlayar dengan Kapal Titanic II
Titanic II (REUTERS/Blue Star Line/Handout)
VIVA.co.id - Menyebut nama Titanic akan kembali mengingatkan pada tragedi karamnya kapal mewah ini lebih dari 100 tahun yang lalu. Tak hanya itu, kisah karamnya Titanic juga mengingatkan pada adegan-adegan suatu film laris Hollywood, yang disutradarai James Cameron.

Untuk yang penasaran seperti apa rasanya menaiki kapal super mewah seperti Titanic, pemilik Blue Star Line yang juga seorang pengusaha dan politikus Australia, Clive Palmer, akan meluncurkan Titanic II pada tahun 2018.

Titanic II nantinya akan dibuat sangat mirip dengan kapal aslinya yang telah tenggelam. Mulai dari desain interior, tata letak ruang, semua barang yang ada di dalamnya akan dibuat sama persis aslinya.

Seperti tangga yang ada dalam adegan film Titanic tempat Jack berdiri menunggu Rose, juga akan dibuat sama persis, dan akan digunakan untuk melayani penumpang kelas satu.

Kemudian ruang merokok, tentu ingat adegan dimana perancang kapal ini berdiri di depan perapian sambil menatap jam di atasnya, nah, bahkan dalam Titanic II, jam tersebut juga akan ada di sana.

Atau adegan di mana Rose dan Jack berdansa di ruang makan penumpang kelas tiga, tempat itu juga dibuat sama persis dengan tetap meletakkan meja makan panjang di sana.

Selain itu juga masih dalam pertimbangan untuk menyediakan kostum layaknya penumpang zaman dulu, yang bisa digunakan oleh penumpang Titanic II.

Kemudi kapal dan elemen lain yang ada di dalam ruang nahkoda juga dibuat sama persis dengan aslinya, namun tidak akan berfungsi. Karena kapal akan dioperasikan dengan peralatan modern.

Dilansir dari Daily Mail, Titanic II akan menggabungkan kebutuhan antara keselamatan dan desain. Seperti lambung yang telah di las, bukan lagi menggunakan paku, tidak lagi menggunakan mesin uap namun menggunakan tenaga penggerak diesel-listrik.

Sekoci penyelamat juga akan disediakan dalam jumlah cukup, serta sistem evakuasi yang lebih modern. Titanic II akan memiliki 840 kabin yang melayani tiga kelas, dengan kapasitas 2.435 penumpang dan 900 orang awak kapal.

Belum diketahui berapa biaya yang akan dikenakan untuk mencoba kapal mewah legendaris yang kini akan dibuat oleh CSC Jinling Shipyard di China, namun dikabarkan bahwa pembuatan kapal yang akan melayani rute Jiangsu, China ke Dubai ini menghabiskan biaya Rp4-6triliun.

Meski demikian, ada yang beranggapan bahwa, proyek pembuatan Titanic II dianggap tidak sensitif terhadap korban dan juga orang-orang yang selamat, dari tragedi yang mengguncang dunia di tahun 1912 tersebut. (ren)
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP