Penderita Kanker Tiroid Disarankan Jaga Kualitas Perasaan

Ilustrasi pria pembantah.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Biasanya kanker tiroid sering ditemukan pada sejumlah orang yang pernah menjalani terapi penyinaran di kepala, leher maupun dada. Faktor risiko lainnya adalah adanya riwayat keluarga yang menderita kanker tiroid dan gondok menahun.

Kanker, Penyakit Mahal yang Umum di Negara Miskin

Banyak orang dengan penyakit tiroid juga diakibatkan kelelahan adrenal dan kortisol kronis.

Para penderita tersebut disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat, seperti bawang putih, bawang merah, sayuran berdaun hijau, dan buah-buahan segar. Makanan ini dipercaya dapat membantu untuk mengembalikan fungsi adrenal.

"Sebenarnya tidak hanya diet dan konsumsi makanan yang tepat untuk mempercepat proses pemulihan kanker tiroid. Namun menjaga kualitas perasaan juga penting," ujar dr. Olivia Sp.PD saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 11 Februari 2016.

Lebih lanjut dia  menambahkan bahwa penderita kanker tiroid harus menghindari perasaan marah, cemburu atau dendam. Sebab hal tersebut dapat menghambat adrenal dalam  melepaskan kortisol yang memilikii efek buruk pada kelenjar tiroid.

Karena itu, dia menyarankan para penderita kanker ini untuk menenangkan diri dengan melakukan kegiatan menyenangkan seperti yoga atau mendengarkan musik. Cara tersebut diyakini dapat mencegah kelelahan adrenal dan juga membantu untuk menjaga tingkat kortisol dalam batas normal.

Lima Jenis Kanker yang Paling Mematikan

Setiap jenis kanker memiliki tingkat keganasan yang berbeda-beda.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016