Terapi Paliatif Bisa Sembuhkan Kanker

Ilustrasi kanker.
Sumber :
  • Freewallpaper

VIVA.co.id - Penyakit kanker menjadi salah satu penyakit yang menjadi penyebab besar kematian di seluruh dunia. Tak sedikit orang yang berasa ngeri menghadapi penyakit ini. Meski demikian, selain dibantu dengan obat dan kemotherapy, ternyata masih ada cara pengobatan lain untuk penyakit kanker.

Kanker, Penyakit Mahal yang Umum di Negara Miskin
 
dr. Maria A Witjaksono MpallC, dokter paliatif dari Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta mengatakan bahwa terapi paliatif dapat mengajak pasien menghargai hidup dan merasakan kualitas hidup lebih baik. Terapi ini diberikan sejak awal mulai si penderita kanker berhubungan dengan obat.
Cara Sederhana Deteksi Kanker
 
"Ini seperti pendekatan, apa saja yang dilakukan berupa psikis, sosial, dan spiritual sehingga pasien merasa punya kualitas hidup yang lebih. Dukungan dari keluarga, kekasih, sahabat, dan orang-orang terdekat benar-benar sangat berpengaruh terhadap pasien," ungkap dr Maria usai peringatan Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) di Museum Nasional, Minggu, 14 Februari 2016.
Mulai Usia 30, Waspada Kanker Prostat
 
Terapi ini mendukung pasien agar tidak putus asa dan terus berjuang bertahan hidup. Sebut saja respite care, yang merupakan tindakan orang-orang terdekat yang merangkul pasien dan terus merawat. 
 
"Terapi ini sudah ada sejak tahun 1965 di London. Indonesia mulai menggunakan terapi ini sejak tahun 1993 karena saat itu sedang gencarnya penyakit kanker. Dan berawal terapi ini di Surabaya, sekarang seluruh rumah sakit sudah ada terapi paliatif," tutur dr Maria kepada VIVA.co.id.
 
Para pasien harus beradaptasi dengan lingkungan dan tidak boleh menyembunyikan perasaan atau kesedihan. Mereka memang terlihat seperti tidak sakit, namun kasih sayang dan dukungan menjadi obat ampuh daripada obat medis.
 
"Meskipun mengonsumsi obat, tapi tanpa pendekatan psikis tidak ada hasil. Jika obat dan terapi paliatif seimbang, tentu kesembuhannya mencapai hasil yang optimal," kata wanita berambut pendek itu.
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya