Makan Enak Tanpa Gemuk? Ini Triknya!

VIVAnews - Memang, menurunkan berat badan tidaklah semudah meningkatkan berat badan. Pasalnya, menahan keinginan untuk makan kadangkala sangat menyiksa, terutama makanan favorit Anda yang pastinya mengandung tinggi kalori.

Macet Buntut Mudik Lokal dan Tempat Wisata, Contraflow Diberlakukan ke Arah Ciawi

Yang perlu Anda tahu, Anda tetap bisa makan enak, tanpa takut merasa gemuk. Mulailah ubah kebiasaan makan Anda dan ikuti strategi berikut.

1.Trik makan malam
Kurangi porsi dan jenis makanan Anda pada malam hari. Pilihlah makanan yang ringan, tapi tetap bergizi seimbang, dengan kandungan karbohidrat, protein, dan sedikit lemak. Misalnya, segelas susu non fat tanpa gula, dua lembar roti tawar isi sepotong tipis daging atau ikan, dan semangkuk sayuran. Jangan lupa minum yang cukup. Usahakan makan malam dilakukan dua jam sebelum tidur.
 
2.Buah segar, bukan jus
Lebih baik makan buah segar daripada jus. Karena, dengan makan buah, mulut Anda otomatis akan mengunyah. Konon, mengunyah dapat menghilangkan stres yang merupakan salah satu faktor pemicu stres.

Pilihlah buah-buahan yang kandungan airnya tinggi, seperti pepaya, apel, pir, dan sebagainya. Lebih baik lagi jika buahnya masih mengkal/setengah matang. Potong sebesar dadu, lalu kunyah perlahan. Minuman jus yang halus membuat makanan lebih mudah diserap tubuh, tetapi juga lebih mudah dikeluarkan dari tubuh. Akibatnya, Anda mudah terasa lapar.

3.Segelas air putih sebelum makan
Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari. Tubuh manusia terdiri dari 60% air, karena itu cairan yang masuk ke tubuh tidak boleh kurang. Jika kekurangan cairan, tubuh akan mengalami dehidrasi. Keadaan ini akan mempengaruhi proses metabolisme di dalam tubuh. Akibatnya, dapat membahayakan kesehatan. Jadi, mulai sekarang, janganlah menahan rasa haus!

Jika Anda meminum segelas air putih sebelum makan, akan  membuat perut Anda cepat merasa kenyang, sehingga bisa membantu mengontrol nafsu makan yang berlebihan.

4.Makan setiap tiga jam
Usahakan untuk tidak membuat perut sangat kosong. Perut kosong membuat Anda sangat lapar yang kemudian membuat Anda makan lebih banyak. Isilah perut setiap tiga jam. Dengan begitu, kestabilan gula darah bisa dicapai, sehingga rasa lapar dapat dikurangi.

Jika kadar gula darah dalam tubuh di bawah normal, maka akan terjadi gejala hypoglykemi ringan, yang ditandai dengan gejala sering  mengantuk, sulit berkonsentrasi dan menangkap pembicaraan. Keadaan ini membangkitkan rasa lapar yang tinggi. Akibatnya, Anda akan makan berlebihan. Makan yang berlebihan akan menumpuk  energi pada tubuh. Inilah yang akan membuat Anda gemuk.

Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Apriyani/Fadia dan Gregoria Mariska Lolos, 6 Pebulutangkis Indonesia Tembus Olimpiade 2024

Sebanyak enam atlet Indonesia dari cabang olahraga bulutangkis sudah mengamankan tiket ke Olimpiade 2024. Ini berdasarkan update rangking Race to Paris.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024