Mungkinkah Alergi Sperma?

Tanya:
Sebulan lalu, saya (26) melangsungkan pernikahan. Anehnya, setiap kali sehabis berhubungan intim, di seputar vagina saya terasa gatal dan muncul bercak-bercak merah, seperti alergi.

Apakah saya alergi terhadap sperma suami? Jika benar, apakah kondisi ini bisa diobati? Jika suami memakai kondom saat bercinta, hal ini tidak terjadi. Tapi, kami ingin segera memiliki momongan. Apa yang harus dilakukan?

rxxx@hotmail.com

Jawab:
Sperma adalah cairan kental berwarna putih yang berasal dari organ reproduksi suami. Sperma merupakan benda asing bagi tubuh Anda, sehingga bisa saja timbul alergi.

Namun, jika alergi terhadap sperma, yang terasa gatal umumnya terjadi di dalam liang vagina dan bukan di sekelilingnya. Untuk menyiasati kondisi ini, cobalah gunakan kondom sehingga sperma ditampung di dalamnya dan tidak menyentuh dinding liang vagina. Bila tak muncul reaksi serupa ada kemungkinan Anda tidak alergi terhadap cairan tersebut.

Jika masih terasa gatal-gatal, berobatlah pada seorang ahli ginekologi untuk mengatasi problem ini. Apalagi bila Anda ingin cepat-cepat punya momongan karena alergi seperti ini bisa berdampak timbulnya iritasi serta infeksi. Alergi lain yang mungkin bisa Anda alami saat bercinta antara lain, yang timbul karena karet kondom, atau krim-krim yang dipakai seperti lubrikan, spermisida dan lain-lain.

Pede MK Bakal Tolak Gugatan Anies-Ganjar, Yusril: Pentitum Tak Beralaskan Hukum
Wisatawan memadati lokasi wisata Museum Tsunami Aceh. VIVA/Dani Randi

Polisi Pastikan Tak Ada Kemacetan di Aceh Meskipun Lokasi Wisata Penuh

Polisi Pastikan Tak Ada Kemacetan di Aceh Meskipun Lokasi Wisata Penuh

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024