Jangan Hanya Raga, Ini Cara Menyehatkan Jiwa

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Sehat tidak hanya bisa didapat dengan rutin melakukan olahraga, ataupun aktivitas fisik lainnya, melainkan juga dari dalam diri. Tidak jarang ditemui orang yang fisiknya sehat, namun mendadak sakit. Itu bisa saja terjadi karena pengaruh dari apa yang dipikirkan.

Manfaat Kesehatan Menghirup Napas Dalam-dalam
Hal tersebut selaras dengan yang diungkapkan oleh penyanyi Andien, yang hadir dalam acara Kick Off Kampanye Celebrate Health 45 Tahun Combiphar.
 
Cara Belajar Menerima Kekurangan Diri Sendiri
"Saya berusaha jalani setiap hari sepositif mungkin, kelilingi diri dengan orang-orang yang berpikiran positif," kata Andien di kawasan Sudirman, Jumat, 26 Februari 2016.
 
Takut dan Cemas Ternyata Berbeda
Cara lain untuk memiliki tubuh dan pikiran serta mental yang sehat agar Anda lebih mudah untuk bahagia adalah dengan menerima diri sendiri.
 
"Cara paling mudah adalah mengakui, menerima diri kalau memang sedang marah atau benci seseorang," ujar Irma Rahayu, pakar emotional healing yang ditemui pada kesempatan yang sama.
 
Irma menjelaskan lima cara yang bisa dilakukan untuk melakukan self healing atau penyembuhan diri.
 
Hal pertama yang bisa dilakukan adalah tersenyum kemudian atur napas. Itu karena, dengan senyum, Anda memaksa diri untuk menerima apa pun masalah yang dihadapi. Kemudian, Anda bisa menarik napas selama dua detik.
 
Hal kedua yang bisa dilakukan agar sehat secara jiwa adalah dengan jujur.
 
"Jangan membohongi diri, dengan bilang seperti 'bisa kok', tapi 'asalkan.' Itu namanya membohongi diri," ujar Irma.
 
Menurut dia, kejujuran akan mampu membuat seseorang menerima diri sendiri.
 
Cara selanjutnya adalah dengan menyentuh bagian jantung, karena jantung berhubungan dengan energi dan memiliki nyawa. Kemudian yang terakhir adalah istighfar dan berdoa.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya