'Banjir Durian' di Blok M Square

Festival durian di Blok M.
Sumber :
  • Rintan PS/VIVAcoid

VIVA.co.id – Membicarakan buah yang satu ini tidak akan bisa lepas dari penggemar setianya. Beragam jenis durian ada di Indonesia. Namun, hadirnya durian dari luar negeri juga tidak bisa terelakkan.

Sepanjang Jalan Banyuwangi Banjir Buah Durian

Alasan itulah yang menjadi dasar utama diselenggarakannya festival durian di Blok M Square, Jakarta Selatan.

"Sengaja diadakan festival ini, agar bisa mengangkat potensi buah lokal. Karena, semakin banyak buah dari luar, yang rasanya sendiri tidak jauh beda," kata panitia Durian Fair, Diah Iswari, pada VIVA.co.id, di bilangan Blok M, Jakarta Selatan, 28 Februari 2016.

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Diah menambahkan, untuk saat ini, dari 30 stan yang ada, sebagian besar dari pekebun langsung, dan terbanyak datang dari wilayah Jawa. Hal ini dikarenakan, durian sedang musim dari Jawa.

Sedangkan durian dari Sumatera, dibawa ke Jakarta dalam bentuk sudah dikupas, agar tidak bau saat berada di dalam pesawat.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Dengan mengangkat tema semua hal tentang durian, diharapkan orang-orang yang berniat untuk menanam durian juga bisa mendapat semua informasi di sini.

"Kalau ingin menanam durian, bisa konsultasi di sini. Bukunya juga ada stan sendiri. Sarana mulai dari pupuk hingga bibit juga ada, mulai dari berbentuk durian hingga olahan juga ada di sini," jelas Diah.

Di hari kedua festival, meski dalam pantauan terlihat ramai, ternyata Diah menuturkan, bahwa lebih ramai di hari pertama festival digelar.

Bahkan, kemarin juga ada lelang durian. Yang berhasil dibawa pulang dengan harga Rp1 juta, meski berukuran kecil, yaitu durian Banjarnegara.

Beberapa pengunjung bahkan datang dan menikmati buah ini bersama anggota keluarganya.

" Kemarin lihat di televisi, jadi penasaran. Sejauh ini baru beli dua, dan masih mau nambah lagi. Kan katanya yang enak durian bawor dan jabrik rancamaya. Tapi, karena bawor masih besok matangnya, ya yang ada saja, daripada nanti salah beli," ujar salah satu pengunjung, Utri.

Bagi penggemar durian Sumatera, Diah mengatakan, nanti di bulan Agustus, akan digelar festival di Parkir Timur Senayan.

Festival durian di Blok M masih akan berlangsung hingga 6 Maret 2016, dan mulai dibuka sejak pukul 09.00.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya