Mencipipi Legitnya Durian Legendaris Khas Banten

Buah durian.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id - Berada di Jalan Raya Serang, Pandeglang, Banten, terdapat toko penjual durian yang sudah berdiri sejak 1970. Durian yang diberi nama Duren Jatohan Haji Arif (DJHA) ini merupakan satu-satunya penjual durian yang sering dikunjungi wisatawan asing maupun domestik.

Menikmati Wisata Durian di Desa Suluk, Madiun
Konon, warung durian itu memiliki durian dengan rasa yang beragam. Keistimewaan lainnya di warung ini menyediakan garansi bila durian yang dibeli ternyata busuk pada satu biji rusak, bisa diganti. 
 
Enam Makanan Aneh yang Disantap Manusia
"Warung durian ini merupakan hasil mitra kami dengan masyarakat, jadi durian ini merupakan hasil pertanian warga Banten," ujar pengelola DJHA Atma Wijaya, anak keenam dari Haji Arif, saat ditemui di kawasan Banten.
 
Berburu Aneka Durian Lezat dan Olahannya
Lebih lanjut ia menambahkan bahwa kualitas durian lokal ini memiliki rasa manis, legit, pahit, dan pulen. Durian bergaransi itu dibanderol Rp30 – 125 ribu. 
 
Ketika ditanya durian mana yang paling diminati, Atma mengatakan durian mentega dan tembaga. Ini karena memiliki rasa yang lebih legit dengan warnanya yang kuning dan bijinya kempes. Sehingga para konsumen lebih menyukainya meski harga terhitung lebih mahal dari durian lainnya.
 
DJHA juga menawarkan aneka kuliner dari olahan durian. Beberapa di antaranya, pancake, keripik, wajik, es krim, dodol, dan serabi.
 
Saat ini durian legendaris ini telah melakukan ekspansi ke Malaysia dengan peminatnya dari berbagai kalangan. Untuk omset yang di dapat, Atma tidak ingin mengatakan secara langsung. Dia hanya mengungkapkan bahwa pendapatannya lumayan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya