Iklan Makanan Tingkatkan Hasrat Ngemil

VIVAnews - Menonton iklan tentang makanan di televisi memicu hasrat mengudap di kalangan anak-anak dan orang dewasa. Tentu saja mengudap bisa meningkatkan risiko kelebihan berat badan.

Para peneliti dari Universitas Yale melakukan serangkaian eksperimen untuk menguji dampak tayangan iklan tentang makanan di televisi. Salah satu tes menemukan bahwa anak berusia 7 hingga 11 tahun yang menonton kartun berdurasi setengah jam dengan selingan iklan makanan, memakan 45 persen snack lebih banyak sembari menonton televisi, ketimbang anak yang menonton kartun yang sama tetapi tanpa iklan makanan.

Imbas menonton tayangan iklan makanan adalah hasrat ngemil yang lebih besar, sehingga membuat berat badan bertambah sebesar 10 pon tiap tahun, kecuali kalau diimbangi dengan mengurangi asupan makanan lain atau meningkatkan kegiatan fisik.

Dalam eksperimen lain, orang dewasa yang menonton tayangan televisi yang mengiklankan makanan tidak sehat, makan lebih banyak dibanding mereka yang menonton iklan tentang makanan sehat nutrisi yang bagus untuk tubuh.

"Penelitian ini menunjukkan kaitan kuat dan langsung antara iklan makanan televisi dan kalori yang dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak," kata Jennifer Harris, direktur inisiatif pemasaran di Rudd Center for Food Policy and Obesity, Universitas Yale.

"Iklan makanan memicu hasrat makan meski sedang tidak merasa lapar. Ini mengancam terjadinya obesitas. Untuk itu, penting bila iklan makanan tak sehat di televisi dikurangi untuk anak-anak," kata Harris. Studi tersebut dimuat dalam jurnal Health Psychology edisi Juli ini.

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

-Menurut penghitungan quick count SBY-Boediono menang 60 persen. Benarkah?Dapatkan SMS data suara Pilpres 2009 dari tabulasi resmi KPU. Updated 2 kali per hari hingga pengumuman pada 27 Juli 2009. Ketik REGHASIL kirim ke 9386. Hanya Rp. 1000/SMS

- Untuk mengenang kepergian Michael Jackson, aktifkan RBT Michael Jackson sekarang juga DI SINI 

Manajemen dan Serikat Pekerja Freeport Teken PKB, Menaker: Bisa Jadi Contoh bagi Perusahaan Lain
Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep usai acara pembekalan para anggota legislatif terpilih di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2024

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Partai Solidaritas Indonesia (PSI), membuka pendaftaran untuk Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada serentak 2024. Pendaftaran dibuka 26 April 2024, sampai 1 Agustus 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024