Tip Alternatif untuk Tetap Sehat

VIVAnews - Kesibukan di tempat kerja seringkali membuat Anda lupa berolahraga.

Sebenarnya, tak perlu menunggu waktu ideal untuk berolahraga. Anda bisa melakukan olahraga tanpa harus dihalangi oleh kesibukan pekerjaan harian.

Aktivitas Kardiovaskular
Kegiatan ideal: Aktivitas kardiovaskular yang dilakukan selama 30 menit selama beberapa hari setiap pekan. Kegiatan ini akan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain itu, kardiovaskular bisa meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung.

Cara praktis: Berjalan 10 menit tiap hari. Sisakan 10 menit dari istirahat makan siang Anda untuk berjalan kaki. Jangan gunakan lift, tapi naiklah tangga selama beberapa kali dalam sehari. Saat sedang libur, luangkan waktu untuk membawa anjing peliharaan untuk berjalan-jalan.

Menurut ahli kesehatan dari Duke University Medical Center, North Carolina Amerika Serikat, Cris Slentz, Ph.D., walaupun singkat namun manfaatnya luar biasa. Dengan porsi yang disesuaikan dengan latihan kardio 30 menit, Anda dapat membakar kalori dengan jumlah sama dan mendapat manfaatnya bagi kesehatan.

Buah dan Sayuran Segar

Kegiatan ideal: Santap lima hingga sembilan kali buah dan sayuran segar setiap hari. Dengan mengkonsumsi buah dan sayuran segar, Anda akan memperoleh nutrisi cukup bagi tubuh.

Cara praktis: Makan buah dan sayur lima atau sembilan kali dalam satu hari, tidak selalu mudah dipraktekan. Cobalah mengakalinya dengan mengkonsumsi buah kering yang kaya vitamin atau konsumsi cuka apel yang meski kadar zat besinya lebih sedikit dibanding apel segar, cuka apel masih mengandung sejumlah vitamin C.

Konsumsi sayuran kalengan yang juga bergizi. Sayur olahan adalah sumber zat besi dan sama dengan produk segarnya. Tambahkan multivitamin, jika merasa asupan gizi yang Anda konsumsi belum mencukupi.

Tidur
Kegiatan ideal: Waktu ideal untuk tidur adalah sekitar tujuh jam sehari. Kurang tidur berdampak buruk bagi kesehatan. Sebuah studi tahun 2007 di Universitas Warwick, Inggris, membuktikan bahwa perempuan yang tidur kurang dari lima jam setiap malam memiliki risiko dua kali lebih besar terkena hipertensi dibanding mereka yang tidur tujuh jam sehari. Studi lain berhasil membuktikan keterkaitan kurang tidur dengan bertambahnya berat badan dan melemahnya sistem imun tubuh.

Cara praktis: Jika kurang tidur pada malam hari, cobalah tidur siang. Studi membuktikan, orang yang menyempatkan waktu untuk tidur siang sejenak memiliki risiko lebih kecil untuk terserang penyakit jantung, dibanding mereka yang tidak pernah tidur siang. Tidur siang yang ideal adalah sekitar 20 menit.

5 Common Cat Diseases, Everything You Need to Know
Bus Transjakarta tetap melayani masyarakat  saat libur nasional untuk Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024.

Tarif Bus Transjakarta Rp3.500 Rute Kalideres-Bandara Soetta Berlaku 1 Mei 2024

Bus Transjakarta akan melayani penumpang dari pukul 05.00 hingga 22.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024