Ketahui, Sembilan Bunga yang Dapat Dikonsumsi

HIdangan dari Bunga Mawar
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Selama ini bunga hanya digunakan sebagai tanaman hias yang mampu mempercantik ruangan. Namun, sebenarnya ada banyak bunga yang dapat dikonsumsi.

Anak Muda, Coba Serunya Warung Kekinian Kopdar

Awalnya mereka sering digunakan sebagai bahan campuran teh. Lama kelamaan, banyak juru masak di seluruh dunia yang mulai menggunakan bunga sebagai bahan masakan. Meski begitu, bunga-bunga tersebut umumnya tidak dimasak atau diolah dengan cara dipanaskan, melainkan dikonsumsi dalam kondisi segar.

Ingin tahu bunga apa saja yang dapat dikonsumsi? Berikut ini adalah beberapa di antaranya seperti dilansir dari Times of India.
Di Restoran Ini, Anak-anak Bisa Kreasikan Makanannya Sendiri
 
Mawar
Festival Kuliner Prancis Digelar Serentak di Dunia
 
Raja dari segala bunga ini memiliki tempat istimewa di dunia pengobatan China. Mereka mengandung fenolat, kandungan yang dipercaya memiliki manfaat anti-inflamasi. Bunga mawar juga merupakan sumber vitamin yang baik. Banyak yang percaya, bunga ini mampu menurunkan risiko penyakit jantung, kanker dan diabetes.
 
Melati
 
Bunga yang aromanya sangat harum ini biasanya dikombinasikan dengan teh hijau. Namun, banyak pula juru masak yang menggunakannya sebagai bahan pembuat salad. Melati dikatakan memiliki kandungan anti-karsinogenik dan anti virus.
 
Peony
 
Bunga yang cantik ini tak hanya populer digunakan untuk dekorasi pernikahan, namun juga bisa dikonsumsi. Peony bermanfaat meringankan depresi.
 
Pansy
 
Warnanya yang cerah membuat bunga ini tepat dijadikan hiasan makanan yang dapat dimakan. Bunga pansy juga sangat bermanfaat bagi jantung, ginjal, dan tekanan darah karena tinggi kalium dan mineral lainnya.
 
Marigold
 
Masyarakat China biasa menggunakan bunga marigold untuk campuran teh. Marigold juga dapat digunakan sebagai obat luka luar. Dikatakan pula bahwa bunga marigold kaya pigmen lutein, yang diketahui sebagai vitamin mata.
 
Lavender
 
Aromanya yang khas membuat bunga lavender biasa digunakan sebagai campuran es krim dan yogurt. Lavender juga berfungsi sebagai anti-septik dan ampuh mengusir ketombe.
 
Kembang sepatu
 
Sering digunakan sebagai hiasan hidangan salad, kembang sepatu juga umum dijadikan bahan campuran teh. Kandungan anthocyanin dan antioksidan di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.
 
Kamomil
 
Yang satu ini sangat umum dijadikan campuran teh. Bunga kamomil terkenal memiliki efek yang nenenangkan dan mengandung zat-zat anti-inflamasi, anti-karsinogenik, dan zat lain yang mampu mempercepat penyembuhan luka.
 
Krisan
 
Layaknya kamomil, bunga krisan juga sering diolah dan dicampur dengan teh oleh masyarakiat China. Bunga ini mengandung kadar anti-oksidan dan mineral yan tinggi. Mereka juga memiliki zat anti-karsinogenik dan anti-inflamasi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya