Metamorfosis Pedangdut Miliarder

Ayu Ting Ting, Jupe, dan Zaskia Gotik
Sumber :
  • Twitter

VIVA.co.id - Bagi penggemar musik dangdut, nama Zaskia Gotik tentu tak asing lagi di telinga. Karier biduanita yang pernah tersandung kasus asmara dengan Vicky Prasetyo ini terus melambung tinggi. Tak hanya menyanyi, wajah Zaskia kini semakin sering terlihat di layar kaca. Si Eneng kini juga menjajal peruntungan lain di dunia presenter.

Ini Harapan Vicky untuk Zaskia Gotik

Meski popularitasnya melambung tinggi, Zaskia tak pernah melupakan asal usulnya. Penyanyi cantik ini sudah putus 'urat malunya'. Gadis tinggi semampai tersebut tidak pernah malu memperlihatkan foto rumah kecil di kampung halaman yang pernah ditempatinya bersama orangtua dan tiga saudara kandungnya. Rumah kecil itu berada di kawasan kumuh Cikarang, Jawa Barat.

"Inilah aku, inilah Zaskia. Aku enggak malu menutupi aku yang dulu. Apa adanya saja. Aku mau belajar jadi orang yang lebih baik lagi," ujar Zaskia saat ditemui di bilangan Cibubur, Jakarta Timur. 

Zaskia Gotik Ditantang Sebutkan Isi Pancasila

Pelantun Satu Jam Saja itu terang-terangan bercerita masa kecil dan remajanya yang sulit. "Masa kecil pernah merasakan yang lebih pahit dan menyedihkan," ujarnya. 

Dari kecil, Zaskia juga sudah menyanyi untuk menyangga ekonomi keluarganya. Ia bahkan tidak menyelesaikan sekolahnya. 

Zaskia Gotik Dinasihati Rachmawati Soekarnoputri

Kisah pahit masa kecilnya menjadi cambuk bagi Zaskia untuk maju dan meraih sukses. Ia pun bekerja keras mengubah kehidupannya. 

Kerja keras pemilik nama Surkianih itu membuahkan hasil. Perlahan tapi pasti, kehidupan Zaskia mulai berubah. Ia merenovasi rumah kedua orangtuanya menjadi tempat tinggal yang nyaman. 

Tak hanya itu, mantan tunangan Vicky Prasetyo ini juga membeli rumah mewah di kawasan Cibubur. Rumah mewah dengan luas tanah sekitar 800-900 meter persegi itu adalah mimpinya. Ia tidak membantah rumah mewahnya berharga miliaran rupiah. 

Namun, aktivitas yang padat membuat pemilik Goyang Itik ini memilih tinggal di apartemen meski ia kurang suka dan tidak terbiasa tinggal di apartemen. "Aku suka lingkungan yang ramai dan kekeluargaan," ujarnya.

(Baca selanjutnya: Juragan Kontrakan)

Juragan kontrakan

Setelah memperbaiki taraf hidup keluarga, Zaskia mulai berpikir investasi. Ia mengikuti jejak sahabatnya, Ayu Ting Ting. Awal mulanya, ia membeli sebidang tanah di Cikarang dan membangun rumah di atasnya. Saat itu ia membuka 10 rumah kontrakan tingkat dua.

"Ada 10 pintu yang sudah jadi. Semua yang menyiapkan konsep dan mengurus itu Abah. Eneng cuma menyiapkan dana," ujarnya.

Tak sedikit uang yang dihabiskan Zaskia untuk membangun 10 pintu rumah kontrakan. Kabarnya, rumah kontrakan tersebut menghabiskan miliaran rupiah. "Iya zaman sekarang mana ada yang murah sih. Bikin kontrakan ini budget-nya memang lumayan. Beli tanah. Bayar tukang buat bangun, ngurus ini itu, duit habis banyak tapi yang penting saya punya investasi," ujarnya senang.

Ia pun berniat memperbesar kerajaan kontrakannya dalam waktu dekat ini. "Kalau sekarang kan baru 10 pintu ya, pelan-pelan bangunnya," ujar dia.  

Diakuinya memang banyak usaha yang dipilih artis untuk berinvestasi. Namun membangun kontrakan merupakan pilihan terbaik untuknya saat ini. Ia merasa tak punya ilmu bisnis di bidang lain.

"Karena otaknya baru sampai di situ. Kalau restoran atau karaoke kan harus dipelajari dulu. Kalau ini kan yang penting sudah ada duit, dan tinggal beli tanah lalu bangun," ungkapnya. 

Ia juga punya alasan sendiri memilih kontrakan, yakni pendapatan yang lebih jelas dan lebih mudah dibanding usaha lainnya. "Tiap bulannya pasti ada pemasukan. Tapi semua Eneng serahkan ke orangtua," ungkapnya.

Selain kontrakan, Zaskia mulai menghimpun investasi lewat kepemilikan sawah. Untuk investasi kontrakan dan sawah, ia tidak segan-segan menggandeng sang kekasih, Ryan.

(Baca selanjutnya: Si Alamat Palsu)

Si Alamat Palsu

Lagu Alamat Palsu berhasil membawa Ayu Ting Ting ke puncak kariernya. Meski dalam urusan asmara, ia jatuh bangun, karir menyanyinya tidak terpengaruh. Ayu kini dikenal sebagai pedangdut dan presenter bertarif ratusan juta.

Di usianya yang masih 23 tahun, Ayu menjelma menjadi jutawan muda. Sukses di karier, Ayu mulai berbisnis. Ayu yang dulu tinggal di rumah sempit, dan harus berbagi kamar dengan adiknya, kini merambah bisnis properti. 

Selain membangun rumah mewah di Depok, pelantun Sambalado ini juga memiliki sejumlah rumah kontrakan di sekitar tempat tinggalnya. Namun ia menyerahkan usaha kontrakannya itu ke orangtuanya. Pun berapa uang yang dihasilkan diserahkan pengelolannya ke ayah bundanya.

Namun, di balik sikap sederhana yang diperlihatkan ibu satu anak itu, Ayu baru saja membeli vila mewah seharga Rp7 miliar di Puncak, Jawa Barat.

Ayu memang tidak mau menjawab soal hunian mewah tersebut. Tetapi, sahabatnya, Julia Perez dan Zaskia Gotik membocorkan hal tersebut.

"Gede banget, mau dijadikan Vila, disewa-sewakan," ungkapnya.   

Bahkan, ibunda Ayu, Umi Kalsum memamerkan vila mewah milik putri sulungnya itu dalam akun Instagram pribadinya. 

Terlihat vila itu itu dibangun dengan taman yang luas. Bahkan, Ayu menikmati bersepeda di vila miliknya.

Vila tersebut di bangun di tanah yang lapang. Bangunan vila terbuat dari kayu. Tampak keluarga besar Ayu menikmati liburan di vila tersebut.

"Baru datang dan vila sedang berkabut, sejuk," ujar Umi dalam video yang diunggah ke Instagram pribadinya.

 

Sore menjelsng mlm @ayutingting92 @syifaasyifaaa

Foto kiriman Mom Ayting (@mom_ayting92_) pada Mar 5, 2016 pada 3:14 PST

Ayu mengaku senang bisa membahagiakan keluarganya. Untuk vila ini, ia membeli dari hasil uang kerja kerasnya sebagai artis.

"Iya vila dibeli dari uang kerja keras. Kerja berangkat pagi pulang pagi," kata Ayu saat ditemui di Studio ANTV, Kuningan, Jakarta Selatan.  

Perubahan drastis dalam kehidupan Ayu membuat bangga para sahabatnya. "Selamat Ayu jadi miliarder muda," ujar Jupe.

Ayu sendiri tak mau jemawa. Ia berharap kehidupan dan rezekinya terus mengalir. "Doain saja ya biar terus mengalir kayak air hujan gitu ya," ungkap Ayu.

Selain memiliki rumah dan vila mewah, Ayu juga baru saja membeli beberapa mobil baru yang harganya sangat fantastis. 

Ayu membeli sebuah mobil sedan berwarna hitam. Selain itu, pendangdut ini juga memiliki mobil Alphard putih keluaran terbaru. "Mobil ini dibeli Ayu buat putrinya," kata sang ayah, Abdul Rojak. 

(Baca selanjutnya: Metamorfosis Siti Badriah dan Jenita Janet)

Metamorfosis Siti Badriah dan Jenita Janet

Proses hidup yang penuh warna juga dialami pendangdut Siti Badriah. Sibad, begitu ia biasa disapa harus menjalani pahit getirnya kehidupan sebelum menikmati kesuksesannya seperti sekarang ini.

Sibad dulu tinggal di rumah sempit di kawasan Bekasi. Tetapi, lagu Berondong Tua mampu mengubah kehidupan artis tersebut. Lagu itu populer dan mengubah hidupnya. Sibad kini mampu bangkit dari keterpurukan ekonomi.

Awalnya, tinggal di rumah sempit, kini Sibad memiliki apartemen mewah di kawasan elite. Sibad pun tak setuju jika dibilang metamorfosis hidupnya dibilang instan. 

"Saya kerja terus-terusan. Coba dihitung ya, berapa lama, dari tahun 2010 sampai sekarang bisa punya, jadi udah enam tahun. Sudah punya saja sudah syukur," ujarnya.

Ia pun bersyukur bisa mengubah hidupnya. Ia juga berbagi kebahagiaan dengan keluarganya. Ia membangun rumah untuk kedua orangtuanya di kawasan Bekasi.

Sibad sendiri sangat menikmati kesuksesannya. Ia memanjakan diri dengan barang-barang mewah dan merek terkenal. 

"Namanya juga wanita, kan boleh manjakan diri dengan barang mewah," ungkap Sibad yang mengoleksi tas dan parfum dari merek ternama.

Meski demikian, pelantu Bare Bere ini tak memaksakan diri. Ia membeli yang sesuai dengan kondisi keuangannya. 

Jalan panjang berliku untuk meraih sukses juga dialami Jenita Janet. Selama ini, orang hanya melihat kehidupan dan gayanya yang mewah. Tetapi, di balik itu terselip cerita sedih. 

Sebelum sukses seperti sekarang ini, Jenita tinggal di sebuah kamar indekos kecil dan sempit. Untuk mendukung aktivitasnya, artis yang gemar mengenakan wig warna-warni ini ditemani dengan motor butut yang dibeli hasil jerih payahnya menyanyi dari desa ke desa. 

Tetapi, pemandangan itu sudah berganti. Jenita yang dulu nyanyi di kampung-kampung dengan bayaran Rp20 ribu, kini berhasil menjadi pendangdut sukses. Ia pun mendapat bayaran puluhan juta untuk manggung. 

"Awalnya enggak percaya, tapi Allah mengangkat derajat kita. Alhamdulillah, karya aku dihargai," ujarnya.

Ia pun bersyukur dengan perubahan hidupnya saat ini. Ia tak lupa bahwan kesuksesan yang diraihnya kini berkat orang-orang terdekatnya. 

Kesuksesan itu juga mengubah kehidupan Jenita. Tak ada lagi kamar indekos kecil. Kamar indekos itu telah berubah menjadi apartemen. Kemana-mana, Jenita juga sudah tak ditemani motor butut. Kini, mobil mewah keluaran terbaru setia menemani aktivitas pelantun Direject ini.

"Senang, bersyukur. Mobil ini rumah kedua aku," ujarnya. 

Ia pun tak ingin hidup boros. Ia memilih menginvestasikan kehidupannya dengan menabung dan membeli tanah.

"Nabung buat beli tanah, karena ini kan (profesi penyanyi) enggak akan selamanya, jadi harus mulai nabung untuk masa depan. Aku juga punya tabungan berjangka," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya