Cara Hidup Hemat Tanpa Tersiksa

Ilustrasi mengelola keuangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Gaji baru diterima, tapi belum sampai pertengahan bulan kenapa sudah habis? Padahal jika dievaluasi kembali, ada beberapa kebutuhan yang belum terpenuhi.

LinkedIn Rilis Kalkulator Gaji
 
Kadangkala, Anda tidak sadar sudah mengeluarkan banyak uang tanpa memikirkan baik dan buruk hal tersebut. Asal segala keinginan terpenuhi, maka hal itu tidak jadi masalah. 
Nenek 99 Tahun Masih Aktif Jadi Instruktur Aerobik
 
Padahal, Anda tidak tahu ke depannya akan ada kebutuhan mendadak, yang bila tidak memiliki uang, mau tak mau harus berutang sesuatu yang akan membebani kondisi finansial.
Orang Berkeluarga Punya Karir Lebih Baik
 
Sebelum beberapa kemungkinan buruk terjadi, antisipasi dengan cara berhemat. Berhemat tidak selalu mengekang dan membosankan, asal Anda tahu cara yang tepat melakukannya. Berikut tipsnya dikutip dari Laruno.com.
 
Bawa uang secukupnya
 
Membawa sedikit uang secara otomatis membatasi pengeluaran Anda dalam berbelanja. Karena semakin sedikit uang yang dibawa, semakin sedikit kapasitas Anda untuk membeli suatu barang.
 
Bawa bekal
 
Kalau Anda masih tinggal dengan orang tua, untuk urusan makanan masih bisa terjamin. Selain untuk berhemat, membawa bekal makanan juga menjamin kesehatan makanan yang dibawa dan sudah pasti lebih cocok di lidah.
 
Berbagi bekal makanan
 
Kalau bosan dengan bekal makanan dari rumah, Anda tidak perlu khawatir atau mengubah pikiran dengan membeli makanan di luar. Ingat Anda harus mengatur keuangan. Agar menu makanan lebih variatif, coba ajak teman membawa bekal juga dan minta padanya untuk saling berbagi makanan dengan Anda.
 
Membuat daftar belanja
 
Dengan membuat daftar belanja, Anda akan terfokus pada kebutuhan yang lebih penting dan meminimalisasi keinginan untuk mengonsumsi hal-hal lain yang sifatnya tidak diperlukan.
 
Namun, membuat daftar belanja saja tidak cukup, Anda juga perlu menguatkan mental, dan disiplin agar tidak mudah goyah saat berhemat.
 
Pilih transportasi murah
 
Jika Anda terbiasa naik kendaraan bertarif mahal seperti taksi, ubahlah kebiasaan tersebut dengan menaiki kendaraan yang lebih murah seperti ojek atau angkutan umum. 
 
Terlebih lagi sekarang ojek online yang murah dan nyaman sudah mulai berjamuran di mana-mana dan pilihan harganya pun kompetitif. Kalau mau lebih hemat lagi, bisa pilih naik bus. 
 
Harganya yang murah dipastikan bisa membantu Anda dalam menghemat uang bulanan. Ada juga transportasi lain yaitu kereta commuter, harga tiketnya yang sangat terjangkau bisa membuat Anda menjaga keuangan agar lebih hemat.
 
Membeli barang diskon
 
Diskon adalah kabar gembira, karena program ini dapat membantu Anda dalam menghemat pengeluaran. Sayangnya, kadangkala ini juga bisa menjadi jebakan untuk Anda agar mau belanja lebih banyak karena harga barang yang dijual menjadi lebih murah.
 
Oleh karena itu, tetaplah disiplin dan jangan merusak kegiatan berhemat Anda hanya karena berlebihan belanja barang diskon.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya