Empat Cara 'Aneh' Bikin Makan Jadi Nikmat

Ilustrasi Makanan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Ada beberapa cara aneh yang bisa membuat makanan Anda menjadi lebih lezat tanpa perlu menambahkan bahan apapun. Dari memuar lagu, mengambil gambar makanan, sampai menggunakan peralatan makan khusus.

Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade
Semua cara tersebut ternyat secara psikologi bisa membuat orang menjadi merasa nikmat dalam mengonsumsi makanannya. Berikut penjelasan cara aneh yang bisa bikin makan menjadi nikmat, seperti dilansir laman Thrive Market.
 
Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak
Memutar lagu
 
Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Aman Bagi Tubuh
Sebuah penelitian dilakukan oleh seorang psikolog sekaligus gastrophysicist, Dr. Charles Spence dari Oxford University. Penelitian ini melibatkan 700 partisipan yang diminta untuk menilai beberapa makanan sembari mendengarkan beberapa jenis musik yang berbeda. 
 
Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa makanan China sangat dinikmati dengan alunan musik pop Taylor Swift dan Ed Sheeran, makanan India enak dinikmati sambil mendengarkan alunan musik klasik dan indie rock. Selanjutnya disusul makanan Italia yang menjadi lebih nikmat sembari mendengarkan alunan musik klasik. 
 
Memotret makanan
 
Memotret makanan dan mengunggahnya ke media sosial adalah hal yang lazim ditemui saat ini. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Consumer Marketing menemukan bahwa memotret makanan dapat meningkatkan kepuasan terhadap makanan. 
 
Jika memotret makanan bukan hal yang biasa Anda lakukan, lakukan cara lain yang dapat membuat Anda tergoda dengan makanan seperti menikmati bentuk sajian makanan terlebih dahulu.
 
Hidangan eksperimen
 
Dalam penelitian yang dimuat Health Psychology disebutkan bahwa ketika seseorang membuat makanan sehatnya sendiri, seperti jus dan smoothie, mereka akan cenderung menikmati makanan atau minuman tersebut ketimbang membeli makanan sehat kemasan yang ada di supermarket. 
 
Memaksimalkan peralatan makan
 
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peralatan makan dapat memengaruhi kepuasan terhadap makanan. Wadah berwarna gelap cenderung memberikan kesan pahit dan peralatan makan seperti sendok, garpu, pisau, mangkuk juga dapat memengaruhi penilaian Anda terhadap rasa makanan. 
 
Salah satu penelitian yang juga dilakukan oleh Dr. Spence menemukan bahwa orang cenderung menyukai makanan yang dinikmati dari piring besar karena terasa lebih lezat, mengenyangkan dan terlihat mewah.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya