Trik Mudah Halau Lalat dari Rumah

VIVAnews - Serangga bersayap ini memang sudah lama menjadi 'musuh' kita. Lalat memang dikenal sebagai serangga pengganggu yang hinggap di sembarang tempat sambil membawa kuman penyakit.

Umumnya, ada beberapa cara mengusir lalat. Antara lain:
1. Semprotan insektisida (spray)
Cara ini dapat membunuh lalat secara instan. Namun, semprotan yang mengandung bahan kimia tidak sepenuhnya aman bagi penghuni rumah, terutama anak-anak.

2. Perangkap lem
Perangkap ini diberi lem untuk menjebak lalat yang hinggap. Perangkap ini ada yang berbahan kertas dan plastik lalat. Anda bisa menggantung perangkap ini di dekat jendela dapur atau di luar rumah. Tidak adanya bahan kimia membuat alat ini cukup aman bagi lingkungan dan penghuni rumah.

3. Perangkap elektrik
Alat ini bisa jadi pilihan efektif dan efisien. Alat ini menggunakan lampu sinar ultraviolet. Dengan sengatan listrik serangga ini langsung tewas. Sangat pas untuk aplikasi di dalam ruangan. 

Yang perlu Anda tahu, lalat biasanya bertelur di tempat mereka menemukan makanan. Misalnya tempat sampah atau bahan makanan yang dibiarkan terbuka. Cegah pengembangbiakan ini dengan menutup tempat sampah. Bersihkan secara berkala.

Cara alami dan murah mengusir lalat
Selain dengan perangkap dan insektisida, Anda bisa menggunakan cara tradisional yang murah dan ramah lingkungan untuk mengusir lalat. Ini caranya:
- Gantung setandan cengkeh di dalam ruangan yang sering dikerubungi lalat.

- Ambil beberapa helai daun pandan, lalu iris kecil-kecil. Tempatkan irisan daun pandan dalam wadah dan letakkan di tempat yang kerap didatangi lalat.

- Ambil beberapa tangkai lavender (Lavandula angustifolia) dan tempatkan pada vas bunga. Letakkan di ruangan yang banyak terdapat lalat. Serangga ini akan menyingkir karena aromanya.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2024

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Kaesang Pangarep, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, tidak ingin ikut campur terkait posisi Presiden Jokowi di PDIP. Termasuk nasib kakaknya, Gibran Rakabuming Raka

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024