Takut Kanker Prostat? Perbanyak Makan Sayur

Ilustrasi buah dan sayur
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Pria mungkin memiliki lebih banyak alasan untuk menjadi seorang vegetarian. Sebuah studi yang belum lama ini dilakukan menunjukkan bahwa pria yang mengadopsi diet vegetarian memiliki 35 persen risiko mengidap kanker prostat yang lebih rendah.

Ladang Pertanian Ini akan Dioperasikan Penuh oleh Robot
Dilansir dari Food World News, studi yang dilakukan para peneliti di Loma Linda University itu melibatkan data dari sekitar 26.000 pria. Data menunjukkan hanya ada 1.079 kasus kanker prostat pada pria vegetarian. Peneliti mengatakan, dibutuhkan studi lebih lanjut untuk mengetahui secara pasti apa yang membuat diet vegetarian mampu menurunkan risko penyakit mematikan tersebut.
 
Enam Cara Tepat Cuci Buah dan Sayur
Diet vegetarian sendiri telah lama dikaitkan dengan risiko kanker prostat yang lebih rendah pada pria. Studi yang dilakukan tahun 2011 lalu bahkan mengungkap bahwa kanker prostat menjadi salah satu jenis kanker yang risikonya menurun pada banyak kaum vegetarian.
 
Cara Menyimpan Sayur dan Buah Agar Tidak Busuk
Sejumlah peneliti mengatakan bahwa sayur-sayuran mengandung kandungan yang mampu melawan kanker, sementara di lain pihak, daging telah ditunjukkan mengandung karsinogen, terutama ketika digoreng atau dibakar dalam waktu yang lama. 
 
Mengadopsi diet vegetarian akan menguatkan resistensi tubuh pada kanker prostat, dan pada saat yang sama juga mengeliminasi risiko kanker prostat yang berkaitan dengan konsumsi daging.
 
Ini merupakan kabar baik bagi para pria. Mengurangi 35 persen risiko adalah jumlah yang signifikan apalagi melihat bahwa kanker prostat merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi pria di AS dan menjadi jenis kanker kedua terbanyak yang diderita.
 
Meski begitu, perlu Anda ingat bahwa menjadi seorang vegetarian bukan hanya sekadar tidak mengonsumsi daging, namun juga menghindari asupan telur serta produk olahan susu.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya