Empat Makanan Ini Berbahaya Dikonsumsi Mentah

Ilustrasi telur.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Jenis makanan yang harus dimasak terlebih dahulu sebelum disantap adalah daging. Selain karena perut akan kesulitan mencerna daging segar, daging dalam kondisi mentah, juga bisa saja mengandung parasit dan organisme mikroskopik yang dapat menyebabkan kematian, layaknya bakteri salmonella.

Wajib Tahu, Daftar Makanan yang Justru Picu Nafsu Makan
Tak hanya daging, banyak makanan lain yang juga dapat membahayakan kesehatan jika dikonsumsi dalam kondisi mentah. Berikut ini adalah di antaranya, seperti dilansir dari Food World News.
 
Lima Makanan Kurang Sehat yang Ternyata Baik Bagi Tubuh
Ayam
 
Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus
Dalam proses pengolahannya, daging ayam seringkali mengandung banyak bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan Anda sakit jika dikonsumsi. Itulah alasannya ayam harus dimasak dalam suhu tertentu hingga benar-benar matang. Daging ayam juga tidak disarankan dicuci sebelum dimasak, karena bakteri pada air justru akan menginfeksi daging ayam.
 
Singkong
 
Singkong mengandung glikosida sianogen, racun yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Kadar racun tersebut banyak ditemukan di bagian daun singkong, membuat serangga enggan mengonsumsinya. Namun, racun tersebut juga terdapat di akarnya. Itulah mengapa singkong harus dikeringkan, direndam di dalam air, dicuci bersih dan dimasak secepat mungkin setelah dipanen.
 
Telur
 
Meski sejumlah orang mengonsumsi telur dalam kondisi mentah, namun hal itu sangat tidak disarankan. Meski mengandung banyak protein, telur mentah berisiko mengandung bakteri salmonella yang menginfeksi sekitar satu dari setiap 30 ribu butir telur. Karena, bakteri ini biasanya terdapat di bagian kuning telur, maka Anda tidak disarankan mengonsumsi kuning telur dalam kondisi mentah, atau setengah matang.
 
Kentang berwarna hijau
 
Jangan pernah mengonsumsi bagian kentang yang sudah berwarna kehijauan. Ketika terpapar terlalu banyak sinar matahari, zat kimia bernama solanine muncul dan menciptakan warna kehijauan pada kentang. Zat tersebut juga dapat mencapai kadar yang membahayakan. Jika dikonsumsi, Anda bisa mengalami sakit kepala, rasa lelah dan sakit perut. Untuk itu, simpan kentang di tempat yang sejuk dan kering untuk menghindari hal tersebut. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya