« Kembali
Permainan Warna di Ruang Tidur
Pemilihan warna ini pun harus diperhatikan dan dipertimbangkan dengan jeli.
Finalia Kodrati, Mutia Nugraheni
Senin, 20 Juli 2009, 12:06 WIB
Interior kuning (dok. Corbis)
Interior kuning (dok. Corbis)

VIVanews - Ruang tidur merupakan tempat Anda dan seluruh anggota keluarga beristirahat. Tentunya Anda menginginkan istirahat yang berkualitas. Salah satu cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas adalah memilih warna yang pas untuk ruang tidur agar suasana menjadi tenang dan nyaman. 
 
Untuk mengetahui bagaimana menata ruang tidur dengan tepat Anda harus mengetahui dua fungsi utama, yaitu ;

- Fungsi fisik : ruang tidur dapat menjadi tempat untuk mengakomodasi segala macam barang dan kegiatan penghuni rumah yang sifatnya sangat privat.
 
- Fungsi psikologis : ruang tidur diharapkan menjadi tempat yang dapat memberi ketenangan dan kenyamanan optimal ketika penghuni benar-benar membutuhkan istirahat.
 
Dari dua fungsi tersebut, menurut buku "Menata Interior Rumah Mungil Modern Minimalis" yang ditulis oleh tim dari Samaya Stylish Living ada trik yang bisa dilakukan untuk menata ruang tidur di rumah mungil, yaitu menggunakan permainan warna. Terkait fungsi psikologis, pilihlah warna-warna pastel dan warna natural untuk memberikan kesan tenang dan nyaman.
 
Namun pemilihan warna ini pun harus diperhatikan dan dipertimbangkan dengan jeli agar tidak berakhir dengan terlalu banyak menggunakan warna yang teduh seperti biru muda dan krem. Hal itu karena warna-warna teduh akan membuat kemauan belajar anak menjadi berkurang. Warna seperti halnya manusia juga memiliki karakter dan kepribadian yang membuatnya menjadi unik dan berbeda dengan yang lain. 
 
Untuk ruang tidur sebaiknya gunakan perpaduan warna dingin untuk cat tembok dan warna panas pada sebagian kecil interior. Warna dingin seperti hijau tua, ungu tua, kuning tua. Sedangkan warna panas seperti oranye, kuning, dan merah. Perpaduan yang pas antara warna interior dengan cat tembok akan membuat suasana ruang tidur menjadi nyaman dan tenang.
 
Untuk menyiasati ruang tidur yang tidak terlalu luas adalah penempatan furnitur. Tempatkanlah lemari pakaian pada bagian kanan dan kiri untuk mengoptimalkan ruangan. Selalu letakkan perabot di sudut ruangan sehingga jarak pandang menjadi lebih luas. Pilihlah furnitur yang tidak terlalu besar dan berwarna cerah untuk ruang tidur yang mungil. Hal itu untuk menimbulkan kesan hangat dan tidak sumpek.

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id