RESEP: Nikmatnya Bakwan Kimchi Khas Korea

Kimchi Jeon (bakwan/pizza kimchi)
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Mendengar kata bakwan mungkin yang terngiang adalah santapan asal Indonesia. Umumnya, makanan bercita rasa asin dan gurih ini berisi kembang kol, wortel, tauge bahkan udang. Namun, tak hanya Indonesia, Korea pun ternyata punya bakwan versi mereka sendiri.

RESEP: Cheese Balls Korea yang Lagi Hits

Bakwan di Negeri Ginseng juga sering disebut pizza Korea dan terbuat dari tepung terigu yang dapat ditambahkan berbagai bahan. Dalam bahasa Korea, bakwan dinamakan jeon

Ada begitu banyak varian jeon yang dibedakan menurut bahan utamanya, mulai dari kentang hingga daun bawang. Namun, yang paling populer dan mudah ditemukan adalah yang terbuat dari irisan baechu kimchi atau acar dari sawi putih.

RESEP: Corndog, Jajanan Korea yang Sering Muncul di Video Mukbang

Tak perlu jauh-jauh ke Korea, Anda pun bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini adalah resep lengkap membuat kimchi jeon dengan mudah, seperti yang dituturkan oleh Sunmin Han, juru masak Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia saat ditemui VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Bakwan Kimchi

Menguak Rahasia Ketenaran Kantin Fenomenal Artis Korea

Bahan-bahan

-250 gram kimchi sawi putih
-1 butir telur
-200 gram tepung terigu
-200 cc air
-100 cc air kimchi
-1 buah cabai hijau
-1/4 buah bawang bombai
-Minyak goreng secukupnya
-Garam secukupnya

Cara membuat

1. Bersihkan kimchi sawi putih dari bumbu acar yang menempel. Setelah itu, peras sedikit kimchi sawi putih untuk menghilangkan airnya. Kemudian potong sepanjang 1 sentimeter.

2. Siapkan air kimchi yang sudah disaring.

3. Iris bawang bombai sama besar dengan kimchi. Iris dan potong kecil-kecil cabai hijau

4. Buat adonan, masukkan kimchi, bawang bombai dan cabai hijau ke dalam wadah serta tambahkan tepung terigu yang sudah dibumbui. Aduk rata sambil dituangkan air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang rata.

5. Masukkan telur yang sudah dikocok ke dalam wadah dan tambahkan sedikit garam lalu aduk kembali.

6. Oleskan minyak goreng secukupnya pada penggorengan. Tuangkan satu sendok besar adonan dan goreng sambil dibolak-balik hingga warna menguning keemasan.

7. Kimchi siap disajikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya