Udang Ternyata Memiliki Sederet Manfaat Kesehatan

Ilustrasi udang.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Udang adalah salah satu spesies crustacea yang lazim dikonsumsi di seluruh dunia. Kebanyakan udang memiliki ukuran mungil, namun ada pula yang panjangnya mencapai 25 sentimeter.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Tak kalah dengan berbagai jenis boga bahari lainnya, udang adalah bahan makanan yang sangat bernutrisi. Tak hanya tidak mengandung karbohidrat, udang juga rendah kalori. 100 gram udang hanya mengandung sekitar 100 gram kalori.

Udang juga mengandung protein tinggi dan banyak vitamin. Tak heran jika manfaat kesehatannya pun beragam. Berikut ini diantaranya, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

-Udang bermanfaat bagi kesehatan mata Anda dalam mencegah mata kelelahan, terutama jika Anda sering bekerja di depan layar komputer.

-Produk olahan udang fermentasi yang dihaluskan atau terasi juga dapat digunakan untuk menangani penyumbatan darah. Karena mengandung asam lemak omega-3, terasi ampuh menurunkan kolesterol dan menyehatkan jantung.

Verrell Bramasta Berharap Prabowo-Gibran Lebih Fokus Pada Kemajuan Anak Muda

-Berbagai mineral seperti kalsium, magnesium dan fosfor yang terkandung di dalam udang mampu mencegah degenerasi tulang. Udang juga dapat membantu mencegah osteoporosis.

-Karena hanya mengandung sedikit kalori dan sama sekali tidak mengandung karbohidrat, mereka yang sedang berusaha menurunkan badan dapat mengonsumsi udang. Tak hanya itu, udang juga dapat mengurangi nafsu makan Anda. Yodium di dalamnya dapat meningkatkan pengeluaran energi tubuh sehingga ampuh membantu menurunkan berat badan.

-Selenium dan karotenoid di dalam udang juga dapat mencegah beberapa jenis kanker tertentu.

-Udang pun dapat mencegah kerontokan rambut karena kaya akan mineral yang baik bagi kesehatan rambut. Anda pasti tahu bahwa kekurangan asupan zinc adalah salah satu penyebab utama kerontokan rambut.

-Udang kaya akan antioksidan yang mampu memperlambat proses penuaan. Dengan mengonsumsi udang secara rutin, kulit Anda akan terlihat lebih baik.

-Banyak orang yang mengatakan bahwa udang dapat mencegah nyeri dan kram perut pada wanita yang sedang menstruasi. Udang juga mempromosikan aliran darah yang lancar pada organ intim Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya