Wajib Tahu, Tips Memasak Steik yang Empuk

Ilustrasi memasak daging
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Salah satu permasalahan terbesar saat memasak daging adalah teksturnya ketika sudah matang. Tentu saja daging yang alot tak akan membuat siapapun senang. Bicara daging, steik adalah salah satu hidangan dari daging yang paling populer.

Ketahui Tips Masak Steik Sendiri di Rumah

Nah, jika Anda ingin memasak steik daging sapi yang empuk, ternyata Anda wajib menggunakan buah citrus. Ya, buah-buahan citrus seperti jeruk lemon dapat Anda pakai untuk dasar bumbu marinasi daging steik sebelum dimasak.

Dilansir dari Daily Meal, memarinasi steik dengan air perasan buah jeruk mampu memecah protein di dalamnya sehingga daging yang dihasilkan jauh lebih empuk dan lembut. Tak hanya itu, ada pula alat khusus yang bisa Anda gunakan untuk memecah jaringan tisu dalam serat-serat daging untuk membuatnya empuk. Alat tersebut dinamakan meat tenderizer atau pengempuk daging.

Unik, Aksi Youtuber Masak Steik dengan Setrika

Alat tersebut berupa pisau mungil yang mampu melubangi daging dan membantu memecah otot-tot dan serat di dalamnya.

Cara lain yang juga akan membantu Anda adalah menggunakan enzim atau zat asam. Itu karena beberapa enzim tertentu mampu memecah protein dan kolagen dalam daging tanpa merusak serat-serat otot. Enzim tersebut dapat ditemukan di berbagai buah-buahan, mulai dari kiwi, pepaya hingga nanas. Produk pengempuk daging berbentuk bubuk yang biasa dijual di supermarket umumnya juga mengandung enzim yang diambil dari buah-buahan di atas.

Terungkap, Cara Mengolah Steik Agar Lebih Empuk dan Nikmat

Sedangkan zat asam yang dapat membantu mengempukan daging adalah cuka. Namun, jika terlalu banyak justru akan membuat daging menjadi keras.

Steik beef medium rare

Trik Mencapai Kematangan Steak Medium Rare

Didapatkan dengan waktu singkat yaitu 4-5 menit.

img_title
VIVA.co.id
9 November 2017