Daftar Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Ilustrasi Kerang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dodi Handoko

VIVA.co.id – Penyakit asam urat merupakan bentuk penyakit radang sendi yang bisa menyerang siapa saja. Penyakit ini ditandai oleh kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh. Asam urat bisa muncul secara tiba-tiba dan akan berlangsung selama tiga hingga sepuluh hari, dengan puncak rasa sakit yang akan dirasakan dalam enam hingga 24 jam pertama.

Gak Nyangka, 5 Hal Ini Sebabkan Kita Terkena Asam Urat

Nah, ada beberapa hal yang memengaruhi tingginya kadar asam urat dalam tubuh, salah satunya gaya hidup. Penderita asam urat wajib menghindari beberapa makanan. Hal ini agar asam urat tidak kian memburuk.

Makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat, seperti jeroan dan aneka ikan laut. Itu karena ikan mengandung purin yang tinggi.

Apa Penyebab dan Gejala Asam Urat yang Sering Diderita?

"Untuk penderita asam urat sebaiknya hindari makanan mengandung purin yang tinggi dan hindari jeroan serta hidangan laut. Perbanyak juga minum air putih karena saat tubuh kekurangan cairan, semua konsentrat dalam darah akan menjadi tinggi, termasuk juga asam urat," ujar Hotniar V selaku Konsultan Kesehatan kepada VIVA.co.id belum lama ini.

Ia pun menambahkan bahwa ada beberapa makanan lainnya yang wajib dihindari, seperti kerang, bayam, kacang-kacangan, ikan sarden, ikan teri, ikan salmon, udang dan melinjo. Makanan tersebut jika dimakan akan meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. (ase)

Ini Penyebab Asam Urat yang Sesungguhnya
Makanan terbaik penderita asam urat.

Penyakit Asam Urat, Dr Tony Setiobudi: Ini 3 Makanan Paling Berbahaya

Betapa menderita sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat.

img_title
VIVA.co.id
15 September 2020