Melihat Indonesia dari Kacamata Jurnalis Foto

Cristophe Loviny
Sumber :
  • Popinstagram

VIVA.co.id – Foto seperti apa yang bagus, atau bagaimana sebuah foto bisa dikatakan sebagai karya luar biasa? Tentu setiap profesional memiliki pendapatnya masing-masing.

Mengunggah Foto Instagram Buat Orang Lebih Bahagia

Untuk sebuah foto jurnalis, bisa sedikit belajar dari pakarnya, yang belum lama ini hadir di Indonesia. Bahkan, beberapa waktu lalu ia sempat mengajarkan ilmunya pada 10 fotografer muda Indonesia.

Cristophe Loviny, nama sosok wartawan foto asal Prancis ini tentu sudah tidak asing lagi di antara para wartawan foto. Dia juga menjadi penggagas Yangon Photo Festival (YPF) bersama Institut Prancis di Myanmar.

Hobi Fotografi? Hasilkan Uang Melalui Empat Website Ini

YPF dibuat dengan tujuan untuk membentuk generasi baru wartawan foto dan membawa pameran foto internasional pada publik Myanmar.

Saat berkunjung ke Indonesia, dia bersama wartawan foto senior Indonesia, Oscar Matuloh, mengadakan pelatihan pada 10 fotografer muda. Upaya ini ditujukan untuk melatih fotografer muda Indonesia agar dapat mengangkat cerita dan pesan yang kuat, sekaligus bermakna dalam karya mereka, baik untuk media cetak ataupun media sosial.

7 Cara Cepat Tingkatkan Skill Fotografi

"Kejujuran, itu benang merah dari karya-karya ini. Diawali dari tugas dengan waktu singkat, mereka harus memotret dan bercerita dengan jujur apa adanya," ujar Oscar seperti dikutip dari rilis, 1 Mei 2016.

"Kalau Anda tersentuh, berarti foto-foto ini berhasil," ujar Christophe Loviny, terhadap karya 10 fotografer muda tersebut.

Penasaran dengan dunia fotografi, terutama berminat menjadi wartawan foto, pameran karya Christophe Loviny bisa menjadi kesempatan untuk belajar bagaimana bisa mendapatkan angle yang baik dari sebuah foto berita.

Pameran Aung San Suu Kyi, a portrait in words and pictures, akan berlangsung mulai 3 hingga 13 Mei 2016, di Bentara Budaya Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya