Mengintip Taman Berisi Patung dari Barang Bekas

The Rock Garden di India
Sumber :
  • Amusing Planet

VIVA.co.id – Sebuah taman di India dibangun secara diam-diam selama 18 tahun oleh Nek Chand. Dia adalah seorang inspektur dari Engineering Department Chandigarh Capital Project. Taman ini mulai dibangun pada 1957.

Buntut Kasus Pembangunan Masjid oleh Daud Kim, Federasi Muslim Korea Ingatkan Hal Ini

Nek Chand biasanya datang ke ngarai yang terletak di dekat sungai Sukhna di bawah kaki bukit Shivalik. Tempat tersebut adalah tempat pembuangan limbah industri. Dia mengumpulkan pecahan piring, botol bekas, lampu jalan dan barang-barang buangan lain, yang kemudian dibawa ke sebuah tempat di dekat gudang Public Works Department (PWD) dan menyulap barang-barang tersebut menjadi benda-benda seni menyerupai bentuk hewan dan manusia.

Nek Chand mengerjakan karya seninya di malam hari agar tidak ada yang mengetahuinya. Dia berhasil menyembunyikannya selama hampir 20 tahun dan ketika rahasia Nek Chand terungkap, sudah terdapat lebih dari 12 hektare taman yang diisi oleh berbagai patung.

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

Dilansir dari Amusing Planet, pejabat setempat sempat berniat menghancurkan patung-patung tersebut karena Nek Chand tidak mengantongi izin pembuatan karya tersebut. Namun, berkat bantuan masyarakat, akhirnya taman itu secara resmi dijadikan sebagai ruang terbuka untuk umum pada 1976. Dia bahkan diberikan 50 pekerja untuk mengerjakan taman tersebut.

Tempat tersebut akhirnya diberi nama The Rock Garden. Hingga saat ini terdapat lebih dari 40 hektare wilayah yang dipenuhi patung buatan Nek Chand. Dia juga dianugerahi gelar Padhma Sri, gelar tertinggi nomor empat bagi masyarakat di India. Selain itu, taman ini juga sempat dijadikan gambar prangko di India pada tahun 1983.

Polisi Mandek Proses Kasus Pemerasan SYL, di Mana Firli Bahuri Sekarang?

(mus)

Daud Kim

4 Kejanggalan Pembangunan Masjid yang Diinisiasi Daud Kim, Ternyata Tanahnya Belum Hak Milik ?

Daud Kim mengajak semua umat muslim di berbagai dunia untuk membantunya mewujudkan mimpi pembangunan masjid di Incheon Korea.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024