Sulit BAB? Hindari Mengonsumsi Empat Makanan Ini

Ilustrasi konstipasi
Sumber :

VIVA.co.id – Banyak orang merasa Buang Air Besar (BAB) sekali dalam beberapa hari adalah hal yang normal. Padahal, jika Anda memiliki sistem pencernaan yang sehat, maka Anda akan BAB secara rutin setiap hari.

Gak Mau Makan, Nikita Mirzani Alami Ini di Penjara

Kondisi tidak bisa BAB secara teratur atau tidak bisa sama sekali dinamakan konstipasi. Jika Anda mengalaminya, biasanya akan ada gejala-gejala tertentu, seperti feses yang keras dan padat dengan ukuran sangat besar atau sangat kecil.

Nah, ada beberapa makanan yang mampu menyebabkan konstipasi, sehingga perlu dihindari atau dikonsumsi secara moderat. Berikut ini adalah beberapa diantaranya, seperti dilansir dari Woman's Day.

5 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan Saat Sembelit

Kopi

Selama ini, orang telah mengetahui bahwa kopi dapat membantu merangsang saraf dan memperlancar urusan BAB. Namun, asupan kopi yang berlebihan ternyata dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi, mengering dan menyumbat saluran pencernaan.

Ternyata, 3 Minuman Ini Bisa Sebabkan Sembelit

Pisang

Anda pasti selalu mendengar dan membaca bahwa buah-buahan kaya akan serat. Pisang adalah salah satu jenis buah, namun pisang tidak mengandung banyak serat sehingga mampu menyebabkan konstipasi. Studi yang dilakukan di Jerman tahun 2005 lalu bahkan menunjukkan pisang adalah makanan kedua setelah cokelat yang paling sering menyebabkan kesulitan BAB.

Cokelat

Dalam studi tadi, orang-orang yang mengalami konstipasi kronis atau irritable bowel syndrome atau sindorm iritasi usus besar lebih cenderung terpengaruhi oleh cokelat dalam hal BAB Hindari mengonsumsi cokelat jika Anda merasa hal tersebut menyebabkan konstipasi.

Susu

Kandungan kalsium di dalamnya memang dapat membuat tulang Anda kuat, namun terlalu banyak mengonsumsi susu akan memperlambat sistem pencernaan dan membuat tekstur feses menjadi keras.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya