Menikmati Sejuknya Dataran Tinggi Dieng

Wisata di Dataran Tinggi Dieng.
Sumber :
  • R Jihad Akbar / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Dataran tinggi Dieng masih menjadi primadona untuk mengisi libur panjang, terutama di kawasan Komplek Candi Arjuna, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kawah Sileri Dieng Erupsi, Ada Cerita di Balik Keindahannya

Sejak Kamis, 5 Mei 2016, kawasan ini ramai dipadati wisatawan. Dibanding hari-hari biasa, jumlah pengunjung mengalami kenaikan 70 persen.

Dataran tinggi Dieng yang terletak di 2300 meter di atas permukaan laut, sejak libur panjang kemarin mulai ramai dipadati pengunjung dari luar kota terutama kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

Suhu Minus 4,5 Derajat, Dataran Tinggi Dieng Kembali Beku

Candi Arjuna, jadi salah satu tempat favorit wisatawan. Selain bisa menikmati kesejukan udara dataran tinggi Dieng,  di sini, wisatawan juga bisa belajar mengenal sejarah peradaban masa lalu.

Kondisi ini membuat salah satu kawasan wisata tersebut dipadati pengunjung

Penjelasan BMKG Soal Fenomena Embun Salju di Dieng dan Bromo

"Di sini pengunjung bisa berfoto bersama dengan para tokoh pewayangan yang dikenakan biaya cukup murah Rp 5000 hingga Rp 25.000 saja," kata Karnoto, Kepala Bidang Pemasaran Wisata Dieng.

Banjir Rezeki

Lantaran ramainya pengunjung, fotografer di kawasan ini pun kebanjiran rezeki. Bahkan warga sekitar memanfaatkan momen liburan untuk membuat peluang usaha, bermodalkan kostum tokoh pewayangan dan kamera. Mereka para warga pun mendapat hasil lumayan.

Tokoh pewayangan yang bisa diajak foto bersama mulai dari Arjuna dan Yakso atau Raksasa Jahat dalam kisah pewayangan. Jika di hari biasa, warga bisa melayani lima hingga 10 wisatawan, namun di musim liburan ini, dalam sehari warga dapat melayani 30 pelanggan.

Nah bagi Anda yang tertarik berwisata ke Dieng, disarankan untuk menggunakan pakaian hangat. Ini karena suhu di dataran tinggi Dieng cukup dingin, terlebih saat kondisi hujan dan malam hari.

Laporan: Ronaldo Bramantyo/ TvOne

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya