Maskapai Ini Perlihatkan Pelayanan Mewah Pesawat Zaman Dulu

Pelayanan Mewah dalam pesawat zaman dahulu
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA.co.id – Dalam rangka memperingati hari jadi Scandinavian Airlines yang ke-70, maskapai asal Norwegia itu mengeluarkan beberapa koleksi foto yang diambil pada 1940-an hingga 1980-an.

Keindahan Alam yang Dipadu Misteri di Nusa Barong, Jember

Foto tersebut menunjukkan betapa mewahnya pelayanan yang didapatkan penumpang pesawat saat itu sebelum akhirnya terjadi perubahan peraturan terkait keamanan dan pelayanan di pesawat.

Pada beberapa foto yang diambil sekitar 1950 hingga 1980-an memperlihatkan penumpang pesawat yang tengah menikmati perjalanannya dengan berbagai suguhan makanan seperti lobster, kaviar dan makanan lain yang disuguhkan oleh maskapai tersebut. Bahkan dulunya di pesawat tersebut penumpang juga disajikan potongan kaki babi utuh di atas troli makanan.

Tiga Hal Penting Ini Perlu Dipersiapkan saat Liburan

Gambar-gambar tersebut jelas diambil sebelum aksi teror di dalam pesawat marak terjadi. Benda tajam seperti pisau masih dapat digunakan di dalam pesawat untuk keperluan memasak para koki.

Di gambar yang lain, pramugari terlihat menuang teh ke dalam gelas porselen kepada penumpang dan terlihat juga beberapa kue-kue dan buah-buahan yang siap disajikan untuk para penumpang pesawat.

Sejumlah Maskapai Tambah Jadwal Penerbangan Saat Lebaran

Jika kini konsumsi alkohol di dalam pesawat dibatasi, pada saat itu para penumpang bahkan ditawarkan berbagai jenis wine, bir dan minuman sejenis lain.

Kebanyakan gambar dalam foto ini diambil sebelum kabin pesawat dibagi menjadi kelas ekonomi, bisnis dan first class. Saat itu, semua penumpang mendapat pelayanan yang sama tanpa perbedaan sedikitpun termasuk dalam hal makanan.

Menu yang ditawarkan saat itu juga setara dengan menu-menu yang terdapat dalam restoran kelas atas. Contohnya, sekitar 1946 hingga 1948 dalam sebuah menu yang ditulis tangan tercantum menu ayam panggang dan kaldu ayam.

Pada 1980an untuk rute Copenhagen dan Bangkok juga tersedia menu crepes dengan jamur, babi dan krim Bavarian yang disajikan dengan rum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya