Turis Malaysia Incar Ini di Pariwisata Indonesia

Booth wonderful Indonesia
Sumber :

VIVA.co.id – Berbagai destinasi wisata di Indonesia telah menarik banyak wisatawan. Badan Pusat Statistik (BPS), pun mencatat wisatawan Malaysia paling banyak berkunjung ke Indonesia.

Sandiaga Uno Tegaskan Indonesia Aman Dikunjungi Wisatawan

Lalu, apa sebenarnya yang diincar wisatawan asal Malaysia?

Kepala Perwakilan RI di Tawau (Malaysia), Abdul Fatah Zainal mengatakan, penduduk Sabah, Malaysia, memiliki keterikatan yang besar dengan Indonesia. Masyarakat Sabah, Malaysia, mengincar wisata kuliner dan keindahan laut Indonesia.

Hore! Di Gunung Prau Sudah Ada Posko Kesehatan dan Musala

Dengan demikian, potensi mereka memilih Indonesia sebagai negara tujuan wisata sangat besar. Apalagi, Indonesia menawarkan berbagai pilihan destinasi wisata yang menarik.

"Kalau kami amati, 60 persen masyarakat di Sabah punya keterikatan dengan Sulawesi, mereka saling bertukar saja, ada yang keluarganya di Tawau, ada yang di Sulawesi. Itulah potensi mereka lebih memilih Indonesia sangat besar," ujarnya kepada VIVA.co.id, saat mengunjungi booth Kementerian Pariwisata di acara Air Asia Travel 2016, di Eastern Plaza, Tawau, Malaysia, Minggu, 8 Mei 2016.

Mengintip Wisata Batam, Hotel Mewah Hingga Banyak Pantai Indah

Dia menuturkan, masyarakat Malaysia selama ini mengidolakan Bandung sebagai wisata kuliner dan belanja, serta berbagai keindahan alam laut.

Karena itu, dia yakin Festival Danau Toba yang direncanakan digelar 19-22 November 2016, akan sangat berdampak pada aktivitas pariwisata. Apalagi, pemerintah memudahkan akses menuju Danau Toba dengan dibangunnya Bandara Silangit, Tapanuli Utara, yang ditargetkan selesai pada September 2016.

Tak dipungkiri, sarana transportasi menuju ke destinasi wisata selama ini memang menghambat perkembangan pariwisata.

"Kemungkinan Danau Toba akan sangat berkembang, karena selama ini wisatawan asal Malaysia lebih menginginkan pariwisata yang tak hanya bagus, tapi memberikan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan," ujarnya.

Pulau eksotis Derawan, Kalimantan Timur, juga dinilai mampu menghipnotis wisatawan Malaysia. Wisatawan bisa menikmati keindahan Pulau Derawan dengan snorkling dan menyelam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya