Kenali Tujuh Racun dalam Kosmetik

Ilustrasi kosmetik
Sumber :
  • REUTERS/ Stefano Rellandini

VIVA.co.id – Tidak bisa dimungkiri bahwa wanita tidak bisa jauh-jauh dari kosmetik. Bahkan meski mengetahui dalam beberapa bahan berbahaya dalam kosmetik, pada kenyataannya mereka tetap memakainya.

Hati-hati Pilih Kosmetik, Bisa Ada 5 Racun

Untuk mereka yang gemar berdandan, setidaknya mulailah mengetahui kandungan dalam kosmetik yang digunakan setiap hari agar bisa lebih teliti dalam membeli, dan mengetahui faktor risikonya. Berikut di antaranya seperti dilansir dari Genius Beauty.

Triclosan

Ketahui Bahan Berbahaya di Kosmetik, Bisa Bikin Kanker

Biasanya digunakan sebagai antibakteri dan disinfektan pada deodoran. Kandungan ini bisa menyebabkan kanker, dan gangguan kelenjar endokrin.

Formaldehyde

Sabun Papaya, Salah Satu Kosmetik Ilegal yang Disita BPOM

Zat karsinogenik yang digunakan sebagai produk disinfeksi ini biasanya ada di dalam cat kuku, sampo dan maskara. Kandungan ini telah dilarang di Uni Eropa.

Hydroquinone

Utamanya digunakan dalam produk pemutih kulit. Kandungan ini bisa menimbulkan masalah dan kanker pada sistem reproduksi. Penggunaan zat ini juga telah dilarang di Inggris.

Merkuri

Merupakan zat paling beracun, yang sangat patut diwaspadai. Zat ini mampu merusak sel otak, dan biasanya ditemukan dalam pembuatan maskara.

Oxybenzone

Zat berbahaya yang bisa memengaruhi sistem endokrin, alergi, kerusakan sel dan bahkan kelainan pada janin. Biasanya ditemukan pada produk tabir surya.

Paraben

Digunakan sebagai penyeimbang dalam banyak produk kosmetik. Zat ini bisa menyebabkan kanker dan gangguan sistem reproduksi, alergi, jerawat dan kerusakan pada kulit.

Toluene

Zat ini biasanya ditemukan dalam produk perawatan rambut, dan perawatan kuku. Kandungan toluene bisa menyebabkan gangguan imun dan sistem endokrin. (ms)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya