Jangan Tularkan Stres Pada Anak

VIVAnews - Hati-hati, jika Anda sebagai orang tua, sering mengalami stres. Pasalnya, menurut penelitian yang dilakukan oleh tim penelti dari Universitas California, stres pada orang tua bisa memicu timbulnya asma pada anak.

Selain faktor lingkungan yang terpapar polusi tinggi, faktor psikologis seperti stres dan depresi bisa memicu asma pada anak. Tim peneliti menemukan wanita hamil yang mengalami stres berisiko tinggi melahirkan anak yang menderita asma dan memiliki tingkat alergi akan sangat tinggi.

Peneliti dari Universitas California juga mengungkapkan, pola asuh orang tua yang tidak baik, keadaan ekonomi yang kekurangan, juga akan sangat berpengaruh pada stres yang bisa memicu penyakit asma pada anak. Terlebih lagi jika anak tinggal di lingkungan yang tidak bersih dan suasana rumah yang tidak menyenangkan. Risiko anak terkena asma dan penyakit lainnya pun sangat tinggi.

"Penelitian ini menunjukkan bukti bahwa keadaan psikologis orang tua dan suasana rumah berpengaruh pada kesehtan anak," kata Elaine Vickers, salah satu peneliti Asma asal Inggris seperti VIVAnews kutip dari BBC.

Untuk itu, sebagai orang tua, mulailah untuk mengendalikan dan belajar mengatasi stres. Saat berada di rumah buatlah suasana yang menyenangkan sehingga anak merasa nyaman dalam rumah dan senang bercengkrama dengan orang tuanya.

Jangan membawa persoalan pekerjaan dalam rumah. Jadikanlah rumah sebagai tempat menenangkan pikiran dan jangan membuat suasana rumah menjadi "panas" karena tidak hanya berpengaruh negatif pada psikologis anak tetapi juga kesehatannya.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Berita tentang nasib dua debt collector yang hendak mengambil paksa mobil Aiptu Fandri di parkiran salah satu pusat perbelanjaan di Kota Palembang jadi yang terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024