Makassar Jadi Tuan Rumah Gelaran Festival Kuliner Ikan 2016

Festival Kebudayaan dan Makanan Indonesia
Sumber :

VIVA.co.id –  Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar festival dan lomba kuliner berbahan ikan di Makassar, Sulawesi Selatan. Acara yang akan diikuti ratusan peserta dari seluruh Indonesia ini digelar mulai 14 Mei sampai 15 Mei 2016.

Enggak Musik Saja, GAC Jaring Millenial Geluti Dunia Kuliner

Menteri Pariwisata Arief Yahya menegaskan kegiatan itu untuk mempromosikan salah satu pesona wisata budaya Indonesia dalam hal ini melalui kuliner agar menjadi daya tarik pariwisata unggulan.

"Kegiatan ini juga untuk mendorong pemerintah daerah bersama dengan stakeholder pariwisata lain membangun sebuah destinasi wisata kuliner Indonesia yang berdaya saing," ujar Arief, Jumat 13 Mei 2016.

Kuliner Lezat dan Kekinian di Jakarta Street Food Festival

Arief mengaku optimis kegiatan yang memperkenalkan kuliner unggulan daerah itu bisa sekaligus memperkenalkan kuliner tradisional sebagai upaya mempromosikan pariwisata di kota Makassar.

"Sehingga bisa mendorong kunjungan wisatawan asing dari target 12 juta orang pada tahun ini, sekitar 5,4 jutanya ialah mereka yang menikmati kuliner, serta menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata favorit di dunia yang berdaya saing," papar Arief.

Tiga Festival Makanan Unik di Dunia

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Asthuty menuturkan pada beberapa tahun sebelumnya, sektor kuliner memberikan kontribusi nilai tambah bruto sebesar Rp208,6 triliun dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 4,5%, dan mampu menyerap tenaga kerja 3,7 juta orang dengan pertumbuhan rata-rata 0,26%.

"Unit usaha yang tercipta dari sektor kuliner adalah sebesar 3 juta dengan rata-rata pertumbuhan 0,9%. Pariwisata sangat erat dengan kuliner, terbukti penelitian menunjukan wisatawan menghabiskan hampir 40% dari anggaran mereka pada makanan saat berpergian," ungkap Esthy Reko Asthuty.

Seperti diketahui, Indonesia memiliki sekitar 5.000 jenis kuliner  tradisional sebagai warisan budaya bangsa. Karena itu, Kemenpar menetapkan lima destinasi wisata kuliner unggulan pada 2015 yaitu Yogjakarta, Solo, Semarang, Bandung, dan Bali.

Sebelumnya, Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar Raseno Arya menuturkan kegiatan lomba kuliner berbahan ikan dan pangan lokal itu diharapkan dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat seperti menumbuhkembangkan semangat masyarakat untuk mencintai produk budaya Indonesia melalui makanan sebagai ketahanan pangan.

"Event ini juga diharapkan mampu mendorong pemerintah daerah menjadikan kuliner di Makassar sebagai cara perkenalkan wisata budaya bagi kota Makassar dan sekitarnya," jelas Raseno.

Dia menambahkan lomba kuliner berbahan ikan dan pangan lokal itu akan menghadirkan chef Muto dari Jakarta yang mendemostrasikan salah satu masakan berbahan dasar ikan menjadi makanan sangat lezat dan menjadi daya tarik wisata kuliner nusantara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya