Karya Seni Filosofis Seniman India, Gunakan Cahaya Matahari

Karya seni di India 'Times change everything'
Sumber :
  • Instagram

VIVA.co.id – Seniman bernama Daku asal India terkenal dengan karyanya yang provokatif. Proyeknya kali ini memanfaatkan cahaya matahari sebagai warna dalam karyanya ini.

Karya Lukis Tak Biasa Pakai Alat Make-up

Proyek ini diberi nama "Times change everything" atau Waktu Mengubah Segalanya. Instalasi tipografi ini memanfaatkan cahaya matahari dan bayangan untuk memperlihatkan konsep waktu. Karya Daku ini adalah bagian dari festival seni jalanan di Delhi. Karyanya ini terdiri dari potongan kata-kata yang ditempel di dinding.

Dilansir dari Mashable, setiap kata menunjukkan sesuatu yang ikut berubah seiring dengan waktu seperti persepsi, pengetahuan, musim dan cinta. Setiap matahari terbit dan terbenam, kata-kata tersebut akan berubah bentuk. Ini dapat dilihat dari bayangan dari cahaya matahari.

Pria Filipina Bikin Miniatur Donald Trump dari Sandal Jepit

"Jika kau tidak datang pada waktu yang tepat, kau tidak dapat melihatnya. Dulu ini hanya dinding polos. Namun, kini orang dapat melihat bayangan dan gerakan bayangan tersebut," kata Daku kepada Mashable.

Daku tidak hanya filosofis. Kata-kata tersebut hanya dapat dilihat dengan jelas sekitar pukul 9.30 dan 14.30 waktu setempat. Waktu terbaik untuk melihat karya ini adalah di siang hari, ketika cahaya matahari tepat menyinari dinding tersebut.

Seniman Ini Ubah Pisang Jadi Karya Indah

Selama hampir satu bulan Daku mempelajari bagaimana sinar matahari memancar ke dinding tersebut. Daku mengatakan,"Karya ini berubah, dinding ini berubah. Semua di sekitar kita berubah secata konstan. Itulah hukum alam."

Selama 15 Mei hingga 15 Agustus karya Daku tidak akan begitu terlihat karena cahaya matahari tidak tepat mengenai dinding tersebut. Dinding ini berlokasi di blok nomor 8, Lodhi Colony, New Delhi.

Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep Kenakan Kemeja Unik, Ini Penciptanya

Menyuarakan hak demokrasi tidak perlu dengan tensi, tapi dengan karya.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2019