Menguak Monumen Tiga Pedang Raksasa di Norwegia

Monumen pedang di Norwegia
Sumber :
  • Amusing Planet

VIVA.co.id – Sejarah memang tetap harus dikenang dan jangan sampai dilupakan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengabadikan sejarah agar tetap diingat generasi berikutnya, dengan menulisnya dalam buku atau membangun monumen maupun bangunan bersejarah.

Ternyata Ini Perbedaan Panggilan Bilqis ke Muhammad Fardhana dan Mantan Pacar Ayu Ting Ting

Salah satu sejarah yang akan tetap dikenang adalah monumen unik di sebuah bukit kecil di pinggir kota Hafrsfjord, sekitar 6 kilometer dari pusat kota Stavanger, Norwegia. Di sana terdapat monumen berbentuk tiga pedang raksasa berwarna perunggu. Monumen ini dibuat untuk memperingati perang Hafrsfjord yang terjadi sekitar 1.100 tahun lalu.

Dilansir dari Amusing Planet, perang Hafrsfjord pada tahun 872 dikenal sebagai peristiwa penting yang akhirnya menyatukan banyak kerajaan-kerajaan kecil yang ada di Norwegia menjadi sebuah kerajaan besar. Meskipun banyak peristiwa-peristiwa lain yang berperan dalam proses penyatuan kerajaan-kerajaan kecil tersebut, perang Hafrsfjord adalah peristiwa yang paling populer di Norwegia.

Timnas U23 Dicurangi Wasit, Fitri Carlina Sangat Kecewa dan Ungkapkan Kekesalannya

Pada saat itu, Raja Harald yang memerintah sebagian besar wilayah Norwegia bagian tenggara berupaya agar seluruh daerah di Norwegia berada di bawah kekuasaannya. Sejarawan mencatat Raja Harald sebagai raja tunggal pertama yang memimpin Norwegia. Bagi mereka yang tidak ingin bergabung dengan Harald, mereka berpindah ke wilayah Islandia.

Monumen yang diberi nama Sverd i fjell atau Pedang Batu ini didesain oleh Fritz Røed dan Raja Olav pada 1983. Tiga pedang tersebut dibuat setinggi 10 meter dan ditancapkan di pinggir tebing sebuah bukit kecil.

Narkoba Disamarkan Sebagai Susu! Pelajar Ditangkap di Bandara

Pedang paling besar merepresentasikan kejayaan raja Harald dan dua pedang yang lebih kecil merepresentasikan kerajaan-kerajaan kecil yang berhasil dia taklukan. Selain itu, monumen ini juga melambangkan kedamaian. Sementara alasan pedang itu ditanam dalam batuan padat agar tidak pernah dilupakan.

(ren)

Ilustrasi motor bekas

Merek Sepeda Motor Bekas Paling Banyak Diburu Konsumen 2024

Di pasar motor bekas, ternyata ada beberapa merek yang secara konsisten mendominasi minat konsumen, karena reputasi dalam hal kualitas dan nilai jual yang baik.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024