Tekanan Darah Tinggi Sebabkan Gagal Ginjal?

Ilustrasi ginjal.
Sumber :
  • kidney.org

VIVA.co.id – Ginjal merupakan organ yang berfungsi menyaring zat-zat sisa dalam darah untuk kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh. Bila fungsi ginjal terganggu maka proses penyaringan darah akan terganggu pula. Hal ini akan mengakibatkan zat-zat sisa yang bersifat racun bagi tubuh beredar dalam darah dan menuju organ-organ dalam sistem peredaran darah terutama jantung, akibatnya kerja jantung akan terganggu.

Pengaruh Makanan Cepat Saji terhadap Kesehatan Anak-anak

Menurut dr. Setiyo dari Meetdoctor, fungsi utama dari ginjal adalah untuk menyaring darah dan mengeluarkan cairan berlebih dari dalam darah. Ginjal menjaga kadar garam dan mineral lain secara tepat di dalam darah.Jumlah kelebihan akan disaring dari darah dalam bentuk cairan limbah yang disebut urine.

Nah, ada beberapa persepsi yang berkaitan dengan kesehatan ginjal yang salah beredar di masyarakat. Salah satunya adalah penyakit darah tinggi yang otomatis langsung dikaitkan dengan persoalan ginjal.

Urgensi Peraturan Perundang-undangan bagi Tenaga Kesehatan

Dr. Setiyo mengatakan, pengidap tekanan darah tinggi belum tentu ada memiliki masalah pada ginjalnya. Banyak faktor yang menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

“Namun jika tekanan darah tinggi dibiarkan saja tetap tinggi, lama kelamaan akan merusak fungsi ginjal. Dan jika fungsi ginjal yang terus menurun dibiarkan saja, atau tidak terdeteksi sejak dini, maka akan menjadi gagal ginjal,” ujar dr. Setiyo.

Pemenuhan Layanan Kesehatan Sebagai Bentuk Pelayanan Publik

Ia pun menambahkan bahwa tekanan darah yang tinggi akan memperberat kerja ginjal, sehingga lama kelamaan akan lelah dan fungsinya menurun.

Ada pula yang beranggapan bahwa rasa nyeri di daerah pinggul merupakan salah satu gejala penyakit ginjal. Padahal rasa nyeri di area tersebut seringkali disebabkan oleh otot atau tulang.

Jika Anda menderita sakit pinggang, baik itu di sebelah kanan atau kiri, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter.

“Jika sakitnya saat bergerak kemungkinan otot, karena otot berkontraksi saat kita bergerak. Jika tanpa bergerak agak sakit atau pegal linu, mungkin kurang minum air putih,” ujar dia.

Nah, jika sakit pinggang yang dirasa begitu menyiksa, sampai muntah, kemungkinan ada batu ginjal dan masih banyak kemungkinan-kemungkinan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya